Kecamatan Peranginan Gelar Musrenbang APBD Di Tiga Desa

Keterangan Gambar : Peserta Musrenbang Desa saat menyampaikan aspirasinya ( Foto : B.  Nababan) 

MenaraToday.com - Humbahas

Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) menggelar  Musrenbang APBD tingkat desa dalam merencanakan tentang apa yang dibutuhkan oleh masing-masing desa demi menjadikan Masterplan agar nantinya tidak timpang tindih dalam menggunakan anggaran yang ada seperti di Desa Paranginan Selatan, Desa Lumban Barat dan Desa Sihonongan yang pelaksanaannya dilaksanakan dikantor desa masing-masing, Senin  (21/1/2019).

Musrenbang APBD tersebut  dihadiri oleh warga perwakilan dari dusun perdusun. Dalam acara tersebut terjadi dialog antara warga dengan camat Paranginan Rahmat Lumban Toruan dan juga perwakilan dari Bappeda setelah mendengarkan apa yang dibutuhkan oleh dusun masing-masing dengan gamplang baik Camat juga perwakilan dari Bappeda menerangkan kepada warga agar semua program sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Menurut salah satu warga Dusun Tiga Toman Sianturi bahwa Dusun Tiga sangat baik untuk pariwisata.

"Kami berharap supaya pendukung untuk memajukan pariwisata perlu diperhatikan agar para turis datang melancong ke daerah kami" ujar perwakilan warga. 

Adapun keinginan warga antara lain perlunya pembenahan infrastruktur,.

“Kami juga berharap melalui musrenbang kami menginginkan diberi ternak oleh Pemkab dan juga ketersedian air yang ada didusun kami sehingga ada pengairan dilahan ladang kami,” ungkapnya.

Musrenbang APBD tingkat desa yang dilaksanakan tiga desa tersebut , semua para desa berkeinginan sama agar apa yang dibutuhkan dusun terealisasi guna menunjang sumber daya manusia.

Hal itu dikatakan oleh Camat Paranginan Rahmat Lumban Toruan kepada awak media setelah usai musrenbang, tak lupa juga camat mengatakan kepada setiap warga untuk hal-hal yang menyangkut anggaran perlunya dibuat Bumdes supaya apa yang diinginkan berjalan sesuai mekanisme.

Kepala Puskesmas Kecamatan Paranginan dr Andy Mulia Saragih menyebut perlunya peningkatan gizi untuk meningkatkan sumber daya manusia dan sesuai peraturan permendes nomor 16 setelah terbit bahwa poskesdes telah bisa menggunakan dana desa untuk membiayai kebutuhan poskesdes desa tersebut. Dan selanjutnya Kapus Paranginan berharap puskesmas paranginan menjadi puskesmas rawat inap.

Ditempat terpisah Kepala Desa Lumban Barat Junior Sianturi mengungkapkan adapun didesa Lumban Barat setiap perwakilan dusun perdusun mengusulkan agar jalan lingkungan dan bantuan kelompok tani, baik kesehatan dan pendidikan dan juga irigasi perlu perhatianya serta embung sangat dibutuhkan oleh warga guna menunjang peningkatan dan perekonomian masyarakat. 

"Oleh sebab itu dengan musrenbang APBD tingkat desa ini akan terealisasi" ungkapnya penuh harap.

Sementara itu Anggota DPRD tingkat II Kabupaten Humbang Hasundutan yang juga sebagai ketua KTNA Kabupaten Humbang Hasundutan Kepler Torang Sianturi mengatakan akan memperjuangakn semua aspirasi masyarakat demi kemajuan bersama.

“Untuk itu akan menyampaikan semua keinginan masyarakat di forum resmi dan berharap apa yang diinginkan masyarakat sebahagian besar akan terlaksana,” sebutnya. (B.Nababan)
Lebih baru Lebih lama