Bupati Humbahas Buka Musrenbang RKPD 2020


MenaraToday.com - Humbahas :

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor.SE membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Humbang Hasundutan,  Tahun 2020 di Aula Hutamas Jalan Tano Tubu Doloksanggul , Kamis (28/3/20L9) siang. 

Dari Panitia Musrenbang BAPPEDA Humbahas mengambil Thema :  Pemantapan Pembangunan Berbasis Ekonomi Kerakyatan dan Kualitas SDM untuk mewudjutkan Humbang Hasundutan Hebat.

Acara dihadiri oleh Ketua DPRD Manaek Hutasoit.Amd, , Anggota DPRD Humbahas dari Fraksi Golkar Parulian Simamora, Perwira Penghubung (Pabung) Doloksanggul Mayor Infantri Holden Gultom, Kapolres/Mewakili Kabag Rencana Kompol T.R. Manalu, Kajari mewakili Johanes Aritonang (Kepala Seksi), Kepala segenap Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Hadir pula seluruh Camat se-Kabupaten Humbahas,  BUMD, Lembaga Masyarakat dan sejumlah pemangku kepentingan.

Sebelum acara dimulai terlebih dahulu Menyanyikan Lagu Kebangsaan dan juga pembacaan doa yang dibacakan oleh Erikson Simbolon dan juga Laporan pelaksaanaan Musrenbang RKPD dibacakan oleh Kadis BAPPEDA Hotmaida Ida Uli Buyar-Butar. ST.MT,"Menjelaskan Mesrenbang RKPD 2020 merupakan tindaklanjut Musrenbang tingkat Kecamatan dan selanjutnya akan menjadi bahan masukan dalam penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2020 Kabupaten Humbahas . 

Kepala Dinas Perkebunan Sumatera Utara Ibu Herawati dalam kata sambutnya membacakan sambutan Gubernur Sumut,"
Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Humbang Hasundutan menggelar musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2020, Senin (25/3) di Hotel JTS Parbaba.

Lebih lanjut Herawaty membacakan sambutan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi," RKPD tersebut yang merupakan proses perencanaan pembangunan yang dilaksanakan diKabupaten Humbahas . Serta makna yang terkandung dalam Musrenbang ini bagi seluruh pemangku kepentingan dalam rangka penajaman, penyelarasan, dan klarifikasi terhadap usulan perencanaan pembangunan sehingga tercapainya kesepakatan terhadap RKPD tahun 2020. 

Kedudukan RKPD dari segi subrasional merupakan visi misi dari program kerja kepala daerah. Secara formal merupakan landasan penyusunan kebijakan umum akan diusulkan kepala daerah untuk disepakati bersama dan terukur untuk mewujudkan Sumatera Utara yang sejahtera.tuturnya. 

Ketua DPRD Humbahas Manaek Hutasoit. Amd menyampaikan,"Menyadari akan pentingnya peran serta masyarakat dalam proses pembangunan, pemerintah mengharuskan di dalam pembuatan perencanaan pembangunan baik pusat maupun daerah dilakukan musyawarah secara berjenjang dari tingkat bawah.
Karenanya Ketua DPRD Humbahas, meminta masyarakat berperan serta dalam perencanaan pembangunan melalui Musrenbang Tingkat Desa, “Musrenbang adalah forum dimana masyarakat dapat menyampaikan aspirasi mereka, disitu ada proses timbal balik dalam proses pembangunan yang akan dilaksanakan pemerintah serta sebaliknya, masyarakat juga harus tau apa yang bisa dilakukan dalam pembangunan yang akan dilaksanakan,” kata Ketua DPRD  saat memberikan sambutan pada kegiatan Musrenbang tingkat Kabupaten . 

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor.SE mengatakan, dalam rangka perencanaan pembangunan SDM, perekonomian rakyat dan infrastruktur telah ditetapkan dalam RPJMD Kabupaten Humbahas  2016-2021.
Perencanaan pembangunan daerah Kabupaten  yang akan kita sepakati pada hari ini hendaknya harus berpedoman dan mengakomodir pesan dan amanah yang tertuang dalam visi dan misi Kabupaten Humbang Hasundutan Tahun 2016-2021. kata Dosmar 

Selain itu, kata Bupati untuk sinkronisasi program prioritas provinsi dan pusat, maka perangkat daerah dalam menyusun program kegiatan memperhatikan program prioritas yang telah menjadi kebijakan Pemerintah agar tercipta harmonisasi program dan kegiatan yang semuanya untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat. Bupati juga mengharapkan untuk pupuk gunakanlah pupuk kandang dan jangan gunakan air seni kerbau dan ternak lainnya. Semua itu sudah saya ajukan saat Presiden Ri dan Gubsu saat beliau datang berkunjung keHumbahas pada bulan Maret yang lalu, dan mudah-mudahan permintaan kita itu direalisasi dengan baik. Bupati juga akan merekrut Sarjana Pertanian yang ada diHumbahas demi meningkatkan pertanian yang ada , sedangkan untuk gaji mereka akan dibayarkan lewat CSR dari Bank Sumut. Ungkapnya 

Selepas sambutan Bupati, acara dilanjutkan dengan coffee break dan dilanjut dengan Rapat Pleno/Desk dan menjadi Leading Sector dari dinas Pertanian, Pariwisata, Ketapang, Peternakan dan Perikanan, Kopendagin, PMDP2A, Disnaker, Penanaman Modal dan Pelayanan perizinan terpadu, dan sebagai Moderator dari Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab.  (B.Nababan)
Lebih baru Lebih lama