Dinas Pendidikan Asahan Gelar Lomba Permainan Rakyat

Keterangan Gambar : Kadis Pendidikan Asahan, Sofyan saat mencoba permainan enggrang pada perlombaan permainan rakyat (Foto : Adjie)

MenaraToday.com - Asahan :


Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan bekerjasama dengan Sekretaris Direktorat Jendral Kebudayaan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan RI menggelar perlombaan permainan rakyat tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama se Kabupaten Asahan yang di gelar di lapangan Hokky, Jalan Akasia, Kisaran, Asahan, Sumatera Utara, Rabu (20/3/2019).


Pantauan di lapangan pertandingan yang di lombakan antara lain, permainan patok lele, enggrang, pecah piring, gerobak sodor, engklek dan terompah untuk putra dan putri.

Kepala Dinas Pendidikan Asahan, Sofyan menyebutkan permainan rakyat ini sengaja dipertandingkan di tengah zaman millenial, dimana anak-anak sekarang lebih banyak bermainan Gedget, I Phone, Ponsel, Platstation dan internet.

"Pertandingan ini sekedar membudayakan kembali permainan rakyat kepada para pelajar. Sebab permainan rakyat ini mulai dilupakan bahkan jarang di mainkan oleh anak-anak zaman kini, jadi rasanya perlu Dinas Pendidikan memperkenalkan permainan rakyat ini ditengah zaman teknologi. Sebab daam permainan rakyat ini masih terdapat unsur olahraga dan Permainan rakyat yang mulai menghilang di tahun 2000 - an ini akan menghilang jika tidak di budayakan lagi" ujar Sofyan.

Dalam pertandingan tersebut Kadis Pendidikan juga mencoba bermain enggrang.

"Permainan ini favorit saya waktu masih anak-anak, apalagi main patok lele, jadi terkenang masa kecil dulu" ujarnya sembari tertawa (Adjie)
Lebih baru Lebih lama