Forum Anak Tingkat Kecamatan Oku Selatan Resmi di Kukuhkan


MenaraToday.com - OKU Selatan :

Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Dinas KBPP dan PA menggelar kegiatan Pengukuhan Forum Anak Tingkat Kecamatan Se – Kabupaten OKU Selatan. Acara bertempat di Aula KBPP dan PA.


Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kepla Dinas PPPA Provinsi Sumatera Selatan atau yang mewakili, asisten III, Ketua DWP Kabupaten OKU Selatan, Kepala OPD, SKPD, Kepala RSUD Kabupaten OKU Selatan, Kemenag, para camat di lingkungan Kabupaten OKU Selatan.

Bupati OKU Selatan dalam sambutannya yang diwakili oleh Asisten III menyampaikan sebagai generasi penerus dan pewaris bangsa maka keberadaan anak–anak sangat penting dan harus mendapatkan perhatian yang serius. Salah satu bentuk perhatian tersebut dengan memberikan perlindungan kepada anak-anak dari hal-hal yang dapat merusak dan mengganggu perkembangan dan pertumbuhan anak.

“Generasi penerus bangsa dalam hal ini anak–anak kita, harus menperoleh perlindungan dan perhatian agar terhindar dari hal–hal yang dapat mengganggu perkembangan dan pertumbuhan anak”. ujar Herman Azedi saat menyampaikan sambutannya.

Kepala Dinas KB dan PPPA Kabupaten OKU Selatan, Bulan Dina, dalam laporannya menyampaikan pengukuha  Forum Anak Tingkat Kecamatan sebagai sarana untuk menjembati komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak – anak di tingkat kabupaten dan kecamatan.

Peserta kegiatan pembentukan Forum Anak Tingkat Kecamatan di Kabupaten OKU Selatan berjumlah 200 orang, terdiri dari Ketua TP PKK Kabupaten beserta anggota, Ketua DWP Kabupaten beserta anggota, Kepala OPD, Camat se Kabupaten OKU Selatan, PLKB se OKU Selatan dan siswa – siswi yang ikut dalam kepengurusan Forum Anak Kecamatan dan forum Anak Kabupaten OKU Selatan.

Kepala Dinas PPPA Provinsi Sumatera Selatan dalam sambutannya menyampaikan tujuan perlindungan terhadap anak untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh kembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat manusia

Dalam mewujudkan hal tersebut berbagai kebijakan segera dilakukan oleh pemerintah di bidang partisipasi anak, antara lain dalam pembentukan wadah – wadah partisipasi anak sebagai media untuk mendengarkan dan menyuarakan aspirasi pendapat dan harapan anak. Hal ini juga sebagai bentuk partisipasi anak dalam mengisi pembangunan.

Salah satu program yang segera direalisasikan dalam menyalurkan partisipasi anak adalah mengadakan pertemuan dan Pembentukan Forum Anak Tingkat Kecamatan. Diharapkan dengan terbentuknya Forum Anak Tingkat Kecamatan ini dapat meningkatkan partisipasi dan memberikan pengalaman kepada anak sehingga anak – anak dapat mengembangkan kreativitas positif mereka untuk memciptakan kehidupan yang lebih baik. (Jamhuri )
Lebih baru Lebih lama