Gelar Apel Pasukan, TNI/Polri Humbahas Siap Amankan Pemilu 2019


MenaraToday.com - Humbahas :

Kapolres Humbahas AKBP. DR. R. Dayan. SH.MH. mengecek pasukan dalam Apel Gelar Pasukan dalam rangka pengamanan Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden. Kegiatan apel gelar pasukan ini dilaksanakan di Lapangan Polres Humbahas, Jumat (22/3/2019). 

Gelar pasukan dalam rangka pengamanan Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden April 2019 dihadiri sebanyak kira-kira 1.500 peserta apel . 

Sebagai Pimpin Apel Gelar Pasukan,  dipimpin langsung oleh Kapolres Humbahas AKBP. Pol DR. R. Dayan, SH, MH, didampingi pimpinan Apel. Pabung. Mayor (Inf) Holden Gultom, sebagai Danup Komandan Upacara Apel Gelar Pasukan dipimpin oleh Kapolsek Pollung Iptu Nover Gultom.S.Sos. 

Apel gelar pasukan ini menghadirkan personil Kepolisian se-Kabupaten Humbahas, Danramil 05 Humbahas, Dandim 0210/TU, Perwakila. Kajari Humbahas, Kasat Pol PP, Camat Lintongnihuta, Sijamapolang, Onan Ganjang, Parlilitan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat seluruh peserta Apel, sedangkan para OPD dan juga Pemkab Humbang Hasundutan tidak hadir saat acara Apel Gelar Pasukan. begitu juga dengan Panwaslu Humbahas saat selesai upacara Apel baru hadir.  

Kapolres Humbahas membacakan amanat Menkopolhukam RI.

"Sukses atau tidaknya perhelatan Pemilu ini, sangat tergantung kepada semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung. Tidak saja anggota Parpol dan masyarakat yang dituntut untuk taat dan patuh pada berbagai ketentuan yang ada, akan tetapi juga pihak penyelenggara Pemilu yakni KPU, Bawaslu dan DKPP wajib hukumnya menunjukkan kinerja yang objektif dan transparan. 

Lebih lanjut Kapolres menyampaikan, terkait penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019 masih terdapat ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang dimungkinkan akan menghambat kelancaran penyeleng-garaannya. “Kita ketahui bersama bahwa Bawaslu dan Polri telah mengeluarkan Indeks Kerawanan Pemilu, yang merupakan pemetaan terhadap kerawanan-kerawanan yang diprediksi akan timbul dalam penyelenggaraan Pemilu di setiap daerah,” ucapnya. Pemetaan kerawanan ini meliputi sisi penyelenggaraan dan sisi keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Oleh karena itu, saya mengajak seluruh stake holders terkait untuk segera mengenali, menemukan dan menetralisir serta mengatasi hambatan-hambatan tersebut,” katanya. 

AKBP R.Dayan,  dalam apel menghimbau seluruh TNI-Polri yang terlibat dalam pemilu 2019 untuk mewujudkan sinergitas bersama masyarakat agar setiap permasalahan yang muncul di lapangan dapat diatasi dan dikoordinasikan bersama sehingga selesai tanpa ada imbas buruk.

Selain itu dalam pemilu serentak 2019 yang akan dilaksanakan, AKBP R. Dayan meminta  harus mampu untuk mendewasakan masyarakat dalam berdemokrasi sehingga tidak mudah untuk terprovokasi dengan isu-isu dan berita bohong (hoax) yang berdampak kerusuhan.
Kapolres Humbahas  juga mengajak para Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta perangkat pemerintahan pada tingkat desa/kelurahan karena wilayah bersangkutan merupakan wilayah kerjanya dalam pemilu 2019 mendatang.

"Pengamanan pemilu serentak 2019 merupakan kehormatan dan kebanggaan yang tidak bisa dinilai dengan apapun", ujarnya.

Kapolres kembali mengingatkan sekaligus mengajak para peserta apel untuk segera mencari, mengenali dan mengatasi ancaman yang dapat mengganggu penyelenggaraan pemilu serentak.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan tokoh-tokoh agama, adat dan masyarakat untuk menciptakan rasa aman dan mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan aman.

Selesai acara dilanjutkan dengan Patroli Skala Besar dan juga Peresmian Peletakan Batu Pertama rumah dinas pejabat utama Polres Humbahas sebanyak 16 unit , dengan Type 70, type 54, type 45 . 
Sebelum acara peletakan pertama dimulai acara didahului dengan doa yang disampaikan secara agama Islam yang dipimpin oleh Al-Ustad. Tarmizi.S.Pd dari Kemendepag Humbahas.  (b.n)
Lebih baru Lebih lama