Pecinta Ayam Ikuti Kontes Besar Ayam Pelung


MenaraToday.com - Cianjur :

Ratusan pecinta ayam Pelung, mengikuti 'kontes besar ayam pelung tingkat nasional Anang Sungkawa Cup I', yang diselenggarakan di depan Cafe BM Jalan Binawan Utama No. 1 BLK Cianjur, Sabtu (30/3/2019).

Adapun ratusan peserta yang mengikuti kontes besar ayam Pelung tersebu berasal dari Lampung (Sumatera), Jawa, dan provinsi lainnya. 

Dalam rangka ngamumule budaya nusantara yang sekaligus mempererat tali silaturahmi pecinta yang Pelung itu, yang menjadi penilaian panitia adalah kategori suara, penampilan dan bobot badan ayam.

Salah seorang peserta dari HIPPAP Nusantara Asep Herdiyatna mengatakan sebagai pecinta ayam Pelung tentunya kami sangat menyambut baik dan kami pun sangat senang bisa bersilaturahmi dengan para pecinta ayam Pelung senusantara.

"Ya, dengan adanya kontes ayam pelung ini, bisa meningkatkan qualitas dan harga jualnya," kata Asep saat ditemui dilokasi kegiatan.

Asep melanjutkan, sebelum mengikuti kontes ayam Pelung, sebetulnya di HIPPAP Nusantara sendiri, gak ada persiapan yang khusus ya, karena setiap harinya memang sudah biasa di latih olah suaranya, tapi dua hari terakhir kemarin kami memang mempersiapkan kesehatan ayamnya saja, ujarnya.

Selain itu juga Asep berkeinginan untuk kedepannya lebih melebarkan sayap dan masyarakat lebih tertarik dengan ayam pelung, karena selain dagingnya lebih besar dan purna jualnya juga lebih tinggi daripada ayam kampung biasa, pungkas Asep.

Sementara panitia pelaksana Hendra Gunawan alias mang Gofar menyampaikan, kenapa pakai nama Anang Sungkawa, karena Anang Sungkawa adalah kakek saya dan sekaligus pencetus penilaian ayam Pelung sejak tahun 76 sehingga sampai sekarang masih di pakai.

"Mengenai peserta yang mengikuti kontes ini, mereka ada yang dari luar Jawa seperti diantaranya dari Lampung (Sumatera), selain itu juga mereka datang dari luar provinsi Jawa Barat," ucapnya.

Disinggung mengenai hadiah yang diberikan kepada pemenang mang Gofar memaparkan, untuk juara pertama panitia menghadiahkan satu unit mobil.

"Ya, untuk hadiah, karena kami bekerja sama dengan sponsor, jadi hadiah utamanya adalah satu unit mobil, untuk hadiah hiburan lainnya ada satu unit motor, domba adu, kulkas, TV dan banyak hadiah-hadiah lainnya," paparnya.

Mang Gofar berharap agar pemerintah lebih respon, karena dengan melihat antusias seperti ini jika di kelola dengan baik dan dapat meningkat perekonomian masyarakat juga, harapnya. (SN)
Lebih baru Lebih lama