Pengawas Sekolah, Tinjau Hari Pertama UNBK di SMK Negeri 1 Doloksanggul


Menaratoday.com - Doloksanggul :

Pengawas Sekolah SMK Drs. Ara Sinaga
dari Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Humbang Hasundutan Sumatera Utara mengunjungi / memantau langsung  Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disejumlah Sekolah Kejuruan yang ada dikabupaten Humbang Hasundutan terkhusus di SMKN- 1 Doloksanggul, Senin,(25/3/2019)

Salah satu sekolah yang mengelar UNBK pada hari ini yaitu SMKN-1 Dolok Sanggul Kabupaten Humbang Hasundutan. 
Kepala Sekokah SMKN-1 Doloksanggul Hotman Manurung.S.Pd , ketika dikunjungi wartawan diruang kerjanya menjelaskan bahwa siswa yang mengikuti  UNBK 2019 diselekolahnya sebanyak 348 siswa yang terbagi menjadi tiga sesi ujian. 

Lebih lanjut dijelaskan Hotman , bahwa untuk jaringan internet yang kami pakai adalah Indihome Telkomsel,

"Untuk ruang UNBK sendiri dibagi atas 3 ruangan, dan masing masing ruangan diikuti 116 orang peserta ujian, Setiap harinya, ketiga sesi tersebut dilaksanakan berurutan yakni pukul 07.30-09.30, 10.30-12.30, dan 14.00-16.00. 

Kepsek SMKN-1 Doloksanggul juga mengharapkan untuk kepada peserta UNBK , agar jaringan internet dan juga listrik mudah-mudahan dapat berjalan dengan lancar selama pelaksanaan UNBK berakhir, Untuk para siswa sendiri kami juga berharap dapat menyelesaikan UNBK ini dengan tidak ada kendala apapun seperti sakit dan juga terlambat, dan kami juga menganjurkan pada siswa/i untuk lebih berhati-hati membaca soal ujian yang diujikan dan jangan terburu buru menjawab soal yang disajikan, karena waktu sangat cukup panjang sekitar 120 menit. Ujarnya. 

Lebih lanjut dijelaskan Hotman, bahwa untuk guru pengawas sebanyak 3 orang , itu dari guru SMKN 2 Sirisirisi dan SMKN-Lintong Nihuta. Untuk kriteria kelulusan nantinya Hotman menyampaikan itu hasil keputusan dewan guru dengan persyaratan harus mengikuti ujian UASBN, UNBK, UKK dan menyelesaikan pendidikan semester I sampai dengan semester VI dan juga harus berkarakter baik,"Sedangkan kendala dalam mempergunakan tehnik untuk menjawab soal soal UNBK saya rasa tidak ada kendala, karena kami telah membuat simulasi dan persiapan terhadap siswa pada bulan Januari 2019 dan juga bulan Maret 2019. 

SMKN1 Doloksanggul mempunyai siswa sebanyak 1208 siswa, dan mempunyai bermacam-macam jurusan meliputi Siswa kelas X mempunyai 7 jurusan , Kelas XI mempunyai 4 jurusan, Kelas XII mempunyai 4 jurusan. Dan untuk kelas X sendiri telah mempunyai tiga tambahan jurusan diantaranya jurusan kecantikan dan busana, jurusan wisata, jurusan tehnik komputer dan jaringan. Dan Kelas X sebanyak 15 kelas, Kelas XI sebanyak 12 kelas, Kelas XII sebanyak 12 kelas. 

Drs. Ara Sinaga Pengawas SMK dari Cabang dinas pendidikan ( Cabdis ) Humbahas  berpesan, Ia juga berharap kepada anak didik agar meminta doa restu kepada orangtua mereka di rumah agar diberikan ketenangan saat menjalankan ujian. Karena Restu itu menjadi yang tak terpisahkan. Kalau minta izin orangtua mudah-mudahan mereka bisa tenang, kalo tenang mereka nilainya akan lebih baik," ujarnya

Ditambahkan, UNBK merupakan bentuk evolusi bagi anak didik dalam proses tumbuh kembang mereka yang lebih baik di lingkungan masyarakat. "Evaluasi itu membutuhkan greating. Kalau nilainya baik mereka pasti punya kesempatan baik. Anak-anak harus kreatif tapi nilaikan ditentukan oleh standart dan ini salah satu bentuk standar itu.

Sedangkan untuk nilai UNBK kita harapkan dari tahun yang lalu bisa naik sehingga bisa nantinya berkompetisi dari sekolah-sekolah yang lain . Sedangkan untuk siswa UNBK sendiri kami juga berharap agar siswa menjaga stamina yang baik, jangan terlambat dan tetap belajar dan fokus terhadap ujian pada saat mereka sampai dirumah.  (B.Nababan)
Lebih baru Lebih lama