Nagari Se-Dharmasraya Lebih Cekatan Kelola Dana Desa


MenaraToday.com - Dharmasraya :

Upaya Pemerintahan Nagari se-Kabupaten Dharmasraya memacu pelaksanaan kegiatan dalam memanfaatkan dana desa tidak diragukan. Pasalnya, baru pertengahan tahun realisasi kegiatan sudah mencapai diatas rata-rata 60 persen. Hal ini disampaikan Sasrawati Kabid Pemerintahan Nagari diruang kerjanya Selasa (9/7/2019).

Menurutnya, sesuai dengan pantauan bahwasanya nagari paling menonjol dalam pelaksanaan kegiatan terdapat pada pemerintahan nagari Koto Ranah. Realisasi dana desa sudah mencapai sekira 65 persen. Selanjutnya nagari Sungai Rumbai, dengan posisi realisasi sekira 63 persen. Nagari Sekira 62 persen, Nagari Abai Siat sekira 60, Nagari Koto Baru juga sekira 60 persen. 

Pada prinsipnya realisasi dana desa untuk pembangunan dilaksanakan nagari se-Dharmasraya rata-rata telah berada diatas 60 persen. Melalui pantauan dilaksanakan tim saat ini, tentunya kita optimis bahwa kegiatan pembangunan dilaksanakan nagari akan terealisasi 100 persen sebelum akhir tahun. 

Sementara pembangunan prioritas dilaksanakan melalui dana desa berupa jalan lingkar, drainase, sarana olahraga, dan Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) sebanyak 80 persen dari dana tersedia. Sedangkan 20 persen lagi dipergunakan untuk pemberdayaan masyarakat, berupa pelatihan, dan berbagai kegiatan lainnya, pungkas Sasrawati.  (Syaiful Hanif).
Lebih baru Lebih lama