Tim Penilai Lomba Binter Pusat, Kunjungi Markas Kodim 0818 Malang-Batu


MenaraToday.Com - Malang :

Tim Penilai Lomba Pembinaan Teritorial (Binter) Tingkat Pusat, Kolonel Inf Taufik Shobri  beserta Anggota Tim Letkol Inf Suparno dan Mayor Inf S. Darmansyah mengunjungi Markas Kodim 0818 Malang-Batu, Senin (8/7/2019).

Tim Penilai dari Pusat Teritorial Angkatan Darad (Pusterad) ini datang untuk menilai kinerja Kodim 0818 Malang-Batu yang berkompetisi dalam Lomba Binter Tingkat Pusat.

Turut menyambut kehadiran Tim penilai yaitu Plt Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM dan Komandan Kodim (Dandim) 0818 Malang-Batu, Letkol Inf Ferry Muzzawwad.

Secara istimewa, Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung dan Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso turut melakukan penyambutan.

"Saya turut mengapresiasi kehadiran Tim penilai, dan saya mengucapkan selamat berlomba kepada Kodim 0818. Saya berharap mendapat hasil yang terbaik," papar Sanusi.

Apresiasi Plt Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM diharapkan menguatkan  kiprah Kodim 0818 yang saat ini sedang berjuang dalam Lomba Binter Tingkat Pusat Tahun  2019.

Dikatakannya, Kodim 0818 selalu bersinergi dengan Pemkab Malang, Polres Malang dan jajaran Forkopimda dalam berbagai hal.

"Kolaborasi yang dijalankan Kodim 0818 selama ini sangat baik semisal saat terjadi kebakaran pasar Lawang dan berbagai kegiatan masyarakat," tandasnya.

Sementara itu, Dandim 0818 Letkol Inf Ferry Muzzawwad mengungkapkan, pihaknya tetap berkomitmen menjaga kondusifitas meskipun mempunyai wilayah luas.

 "Walaupun kawasan tugas Kodim 0818 ada di Kabupaten Malang dan Kota Batu cukup luas, namun  Kami selalu berkolaborasi dengan seluruh lapisan yang ada di dua wilayah tersebut," terangnya.

Dijelaskannya, kerjasama dengan seluruh elemen menjadi solusi utama memenangkan Lomba Binter Tingkat Pusat ini.

"Kami yakin Kodim 0818 bisa meraih prestasi dalam lomba Binter Tingkat Pusat ini," jelasnya.

* Poin Penilaian Lomba

Tim akan melakukan tugasnya yaitu penilaian  meliputi pengecekan pangkalan,  program Binter dan Binter non program di staf intel,  staf ops, staf log, Tuud dan staf pers.

Penilaian juga dengan pengecekan ke Koramil, yang sedang melakukan  pembinaan program  bedah  rumah dan bidang  pertanian.

Lomba Binter bertujuan  untuk mengukur sejauh mana Kodim mampu menyelenggarakan kegiatan pembinaan teritorial, pembinaan satuan, dan meningkatkan mekanisme kerjasama kemitraan dengan instansi pemerintah daerah  dan segenap komponen masyarakat di wilayah tugasnya.

 Sasaran lomba Binter yang ingin dicapai adalah kegiatan binter dilaksanakan oleh Kodim baik program maupun non program sesuai yang diharapkan.

Yaitu terselenggaranya tertib administrasi Kodim, meningkatkan kemampuan aparat Kodim, dan tumbuhnya kreativitas para Dandim dalam mengembangkan metode binter yang bersifat non program.

* Disambut Meriah

Sebelum tim tiba di Makodim 0818 rombongan diterima di pendopo Kabupaten Malang yang letaknya tidak jauh dari Kodim 0818.

Tim diterima oleh Forkopimda Kabupaten Malang, pejabat Pemerintah daerah serta Ormas seperti Wilis Jeep Community, Paguyuban Sepeda Ontel Malang dan ormas kepemudaan lainnya.

Rombongan transit sejenak di ruang Transit Pemkab Malang, kemudian dilanjutkan dengan konvoy kendaraan dengan diikuti oleh puluhan Jeep Wilis Community dan Paguyuban Sepeda Onthel Malang.

Dalam perjalanan tim disambut oleh riuh tepuk tangan dari Prajurit Kodim 0818, RAPI, FKPPI, Pemuda Pancasila yang berada di kanan dan kiri Jalan Panji menuju ke Makodim 0818.

Setibanya di depan Makodim 0818, Rombongan Tim Penilai Binter TNI AD disambut langsung oleh Dandim 0818/ Wilayah Kabupaten Malang-Batu Letkol Inf Ferry Muzawwad S.I.P., dilanjutkan dengan Laporan Dandim kepada Tim Penilai Lomba Binter,  serta pengalungan Bunga oleh Joko dan Roro Kabupaten Malang.

Tidak lupa juga mendapatkan sambutan tepuk tangan yang meriah dari Prajurit, ASN Kodim 0818, Marinir, Polri, FKPPI, Pemuda Pancasila.

Selanjutnya rombongan bergerak menuju ke Lapangan Apel Makodim 0818 dengan diiringi Drum band dari Suporter AREMA menambah meriah suasana Tim Penilai Binter di Kodim 0818.

Turut bergabung dalam rombongan yaitu unsur Pejabat dari Kodam V/ Brawijaya meliputi Waaster Kasdam V/ BRW, WS Danrem 083/ BDJ, Forkopimda Kabupaten Malang-dan Kota Batu beserta Pejabat Kadin UTD Kab. Malang, Tomas, Toga, Toda Kabupaten Malang, Tokoh Pepabri dan Veteran serta perwakilan dari Ormas di wilayah Kabupaten Malang.

Di lapangan Apel Makodim, rombongan dan tamu undangan disambut  penampilan dari demontrasi karate binaan Babinsa Karate Serda M. Kamarudin Arif selaku Babinsa Koramil Lawang dan demontrasi Senam Pramuka Binaan Babinsa Pramuka Sertu Anang Nurdiansyah selaku Babinsa Koramil Singosari.

*Jadi pelopor

Dandim 0818/ Wil. Kab. Malang - Batu Letkol Inf Ferry Muzawwad S.I.P, menyampaikan pihaknya merasa mendapatkan kehormatan menjadi perwakilan dari Kodam V/ Brawijaya untuk mengikuti lomba Pembinaan Teritorial (Binter) tingkat pusat Tahun 2019.

Lomba ini  diikuti oleh seluruh Satuan Teritorial yang ada di Indonesia, dengan seluruh potensi yang dimiliki oleh Kodim 0818 dan potensi wilayah di Kabupaten Malang-Batu yang didukung atas kerja keras dari seluruh Babinsa Koramil 0818 yang tersebar di wilayah Kabupaten Malang-Batu.

Dikatakannya, pihaknya merasa bangga karena menjadi contoh dalam upaya mempelopori usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya' dengan mengembangkan potensi daerah dan kemampuan teritorial untuk menjadikan keahlian serta kemampuan yang dimilikinya agar dikenal masyarakat luas.

 Seperti contohnya dikenalnya Kopi Babinsa dari Koramil 0818/ 23 Jabung, Babinsa Peduli Difabel dari Koramil 0818/ 07 Pakisaji, Babinsa Jamur Tiram dari Koramil 0818/ 10 Pagak, Babinsa Karate dari Koramil 0818/ 27 Lawang, Babinsa Pramuka SWK dari Koramil 0818/ 26 Singosari, Babinsa Peternak Telur dari Koramil 0818/ 08 Wagir, Babinsa Snack Turen dari Koramil 0818/ 14 Turen, dan Babinsa Santri dari Koramil 0818/ 18 Bululawang, serta kemampuan dari Persit KCK Cabang XXXII Kodim 0818.

* Seperti Piala Adipura

Kolonel Inf Taufik Shobri menyampaikan, bahwa relasi dan koprdinasi Kodim 0818/ Wil. Kabupaten Malang-Batu, sudah berjalan baik seperti dilihat sepintas adanya kekompakan dengan unsur Muspida.

" Kalau di daerah ada yang namanya Piala Adipura untuk lomba kebersihan dan di Angkatan Darat juga ada yang namanya Piala Adi Manunggal untuk Juara lomba Pembinaan Teritorial," terangnya. (*)
Lebih baru Lebih lama