Bupati Kukuhkan Anggota Paskibra Kabupaten Banyuwangi


MenaraToday.Com - Banyuwangi :

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memimpin upacara pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) tahun 2019 di di Pendopo Kabupaten Banyuwangi, Kamis (15/8/2019) malam. 

Bupati Anas mengukuhkan 75 pelajar SMA menjadi anggota Paskibraka yang bertugas mengibarkan sang saka Merah Putih pada peringatan hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 di Taman Blambangan pda 17 Agustus 2019 nanti.

Pengukuhan ini diikuti  oleh 75 anggota paskibraka yang berasal dari 25 kecamatan se-Banyuwangi. Mereka terdiri dari putra 41 orang dan putri 34 orang.

Prosesi pengukuhan yang berlangsung malam hari tersebut berlangsung sangat sakral. Suasana haru menyeruak kala prosesi mencium Sang Saka Merah Putih sebagai perlambang mereka bersedia menjalankan tugas tersebut dengan sepenuh jiwa dan raga.

Bupati Anas memberikan ucapan selamat kepada puluhan pelajar tersebut. “Selamat kepada kalian semua. Kalian adalah anak-anak terpilih yang kelak menjadi ujung tombak persatuan bangsa. Bersyukurlah kalian karena berkesempatan mendapatkan pengalaman yang tidak dimiliki banyak orang,” kata Anas.

Anas  berpesan, sebagai orang terpilih mereka harus menggali berbagai kemampuan dan kreativitas yang mereka punya.  “Hard skill atau dikenal sebagai kompetensi itu memang penting untuk kita miliki. Tapi soft skill atau karakter itu jauh lebih penting,” ujar Anas.

Dijelaskan Anas, sejumlah riset menunjukkan keberhasilan seseorang mencapai puncak karirnya karena memiliki karakter bekerja keras, punya kepercayaan diri tinggi, punya visi ke depan, bisa bekerja dalam tim, mampu berpikir analitis, mudah beradaptasi, mampu bekerja dalam tekanan, cakap berbahasa Inggris, dan mampu mengorganisir pekerjaan.   

“Karena itu teruslah belajar dan berkarya. Jangan pernah berhenti untuk melakukan hal-hal positif yang menginspirasi anak-anak muda lainnya,” pungkas Anas.

Tahun ini, petugas pembawa baki bendera Merah Putih dipercayakan kepada Tiffani Gloria, siswi SMAN 1 Genteng. Sementara pengibar bendera akan menjadi tugas Bagus Prasetyo (SMAN 2 Genteng), Aldorizo Jati Malle (SMAK Hikmah Mandala), dan Ida Bagus Komang (SMAN 1 Banyuwangi). (MS)
Lebih baru Lebih lama