Bersama TNI-Polri, Jurnalis Menaratoday Rekatkan Sinergitas Jaga NKRI




MenaraToday.Com - Malang :

Jurnalis media online menaratoday.com, Sofyan Adi Cahyo mengapresiasi kinerja TNI-Polri dalam menjaga stabilitas di NKRI. Sofyan menilai hal tersebut tak lepas dari peran pers.


Hal itu disampaikan Sofyan seusai meliput kunjungan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto ke makam Bung Karno di Blitar, Rabu (18/9/2019) siang. Sofyan pun meminta TNI-Polri untuk terus menjaga sinergitas dengan pers.

"Hubungan yang baik kedua belah pihak tentunya akan membuat masyarakat mendapat informasi yang benar. Selain daripada itu melalui tulisannya, pers juga berperan mencerdaskan kehidupan bangsa," katanya, Kamis (19/9/2019).

Lebih lanjut Sofyan mengharapkan kepada sejumlah instansi agar mampu dan memahami tugas dan fungsi wartawan yang diantaranya adalah sebagai kontrol sosial masyarakat.

“Kami ini memiliki tugas dan fungsi sebagai kontrol sosial di masyarakat. Maka dari itu, setiap klarifikasi harus diberikan peluang kepada awak media jangan sampai kalau wartawan klarifikasi begitu sulit untuk dihubungi,” pungkasnya.

Meski begitu, masyarakat diimbau agar cermat dan teliti dalam menerima segala informasi yang beredar. Pria yang kerap disapa Acil itu juga menyarankan agar saling berkoordinasi bilamana mendapati informasi yang belum tentu kebenarannya sebelum di sebar luaskan. Sebab lantaran, Ia tidak ingin akibat jari jemari, kemudian harus berhubungan dengan hukum.

"Saya rasa masyarakat sudah cerdas dalam membedakan dan menyikapi beredarnya informasi, terlebih di sosmed. Namun perlu digaris bawahi, jika informasi yang didapat itu mengandung unsur sara, provokasi dan yang mengarah pada kericuhan, bisa langsung di close dan bila perlu laporkan ke pihak berwajib," tandas Acil sapaan akrab pria kelahiran Pasuruan itu.

Sementara hal senada juga disampaikan
Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto. Pria yang menyandang bintang empat dipundaknya itu menegaskan, pentingnya sinergitas antara TNI dengan wartawan dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


"Tugas TNI-Polri sangat penting menjaga kedaulatan NKRI termasuk juga wartawan. Betapa strategisnya kalau TNI bersinergi dengan media. Dengan begitu kita bisa menjaga kebhinekaan," tutur Panglima TNI Marsekal Hadi.

Menurut pria kelahiran Singosari itu, sebagai institusi yang dipercaya oleh rakyat, Hadi menyebut, sudah selayaknya TNI menjaga kepercayaan publik tersebut.

Selain itu, ajakan sinergitas juga diserukan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Melalui Irjen Pol Boy Rafli Amar beberapa bulan yang lalu, Ia memerintahkan jajaran humas seluruh kepolisian untuk menjalin kerja sama dengan seluruh media online.

Menurut Tito, kerja sama itu dilakukan untuk mempercepat akses informasi kegiatan di Kepolisian serta memperkuat solidaritas kemitraan dengan media online sebagai sebagai bentuk profesionalisme dan revolusi mental Polri dalam mengawal kebijakan pemerintah. (Tim)

Lebih baru Lebih lama