Ke Blitar, Panglima TNI Kunjungi Makam Bung Karno


MenaraToday.Com - Blitar :

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan para kepala staf berziarah ke makam Presiden RI ke-1 Soekarno di Blitar, siang ini. Usai berziarah, Hadi mengunjungi Pendopo Kabupaten Blitar yang kini dijadikan kantor cagar alam.


Panglima Hadi sampai di makam Bung Karno sekitar pukul 11.35 WIB, Rabu (18/9/2019). Dengan mengenakan seragam biru TNI AU, Panglima Hadi didampingi para kepala staf bersama rombongan pejabat TNI.

Kedatangan Hadi disambut oleh jajaran Kodim 0808 Blitar dan pengurus makam. Setelahnya, Hadi langsung ke mendiang sang Proklamator yang terletak di Jl. Ir Soekarno No. 152 Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

Dalam kunjungan tersebut tampak Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak, pejabat utama AD, AU dan AL. Selanjutnya juga hadir Bupati Blitar Drs. H. Rijanto dan Plt Walikota Blitar Santoso serta Polres Blitar. Adapun kunjungan pria kelahiran Singosari itu dalam rangka menyambut HUT TNI ke-74. 

Panglima Hadi mengatakan, selain berziarah ke makam Soekarno pihaknya bersama rombongan juga berziarah ke Makam Presiden RI ke-4, KH Andurrahman Wahid di Jombang. Lalu, dia juga mengunjungi Udanawu.

"Kunjungan ini adalah tradisi yang kami laksanakan setiap tahun. Maknanya adalah untuk mendapatkan nilai-nilai yang telah ditanamkan oleh para pendahulu, dalam rangka membesarkan TNI membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," paparnya.

Selain membahas tentang tujuan kunjungannya di Kota Blitar, pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo itu juga berbicara tentang situasi dan upaya terkini di Riau pasca karhutla.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto beserta rombongan turun ke lokasi menyaksikan secara langsung proses pemadaman kebakaran hutan dan lahan. Ribuan personel dari TNI Polri pun dikerahkan dalam pemadamkan.

"Kita akan kirim eskavator untuk memperlebar parit. Kemudian juga pompa air dan selangnya serta Drone untuk diterbangkan 24 jam penuh untuk memantau. Api ini harus terus diamati," tutupnya. (Sofyan/Luki/Joko)
Lebih baru Lebih lama