Wakil Walikota Dan Ribuan Masyarakat Medan Menari Ahoii Bersama



MenaraToday.Com – Medan :
Untuk menunjukkan keanekaragaman budaya di Kota Medan, Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution Msi, bersama OPD Kota Medan dan ribuan warga menggelar tarian Ahoi yang digelar di lapangan Merdeka Medan, Minggu (15/9/2019) mulai pukul 06.00 Wib


Seperti dilansir dari Pemkomedan.go.id Kegiatan yang bertajuk “Seberapa Indonesianya kamu” ini terlihat dengan bernuansa pakaian merah dan putih masyarakat ikut berpartisipasi menari bersama di acara Car Free Day.

“Terbukti bahwa masyarakat Medan sangat antusias dengan budaya di Kota Medan, hal ini terbukti dengan banyaknya masyarakat yang datang dengan membawa keluarga masing-masing dan ini membuktikan bahwa Kota Medan sebagai Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara merupakan kota yang multikultural hingga tidak salah jika Kota Medan di juluki Minaturnya Indonesia” ujar wakil wali kota Medan dalam acara tersebut.
Selain diikuti oleh warga, sejumlah pejabat Kota Medan dan para Camat juga juga ikut menari Ahooi
“Tarian Ahoii ini merupakan taria asli dari Kota Medan yang merupakan gabungan dari gerak tari serta musik dari seluruh etnis yang ada di Kota Medan. Dengan dipandu oleh para instruktur masyarakat yang datang dengan menggunakan pakaian adat masing-masing” jelas Akhyar.
Akhyar juga mengatakan bahwa Kota Medan merupakan kota yang kreatif yang memiliki berbagai keberagaman seni dan budaya yang menjadi ciri khas budaya masing-masing.
“Kegiatan yang bertajuk “Seberapa Indonesianya Kamu” ini kita gelar untuk lebih mempopulerkan Kota Medan yang kaya akan keberagaman suku dan budaya, dan melalui kegiatan ini kita ingin menunjukkan bahwa Kota Medan sangat kaya dengan seni dan budaya sehingga menjadi Kota Medan sebagai Kota Multikultural yang menjadikan perbedaan sebagai modal kekuatan yang sangat luat biasa dan kita berharap dengan digelarnya tarian Ahooi ini seluruh warga Kota Medan dapat mengetahui bahwa Kota Medan memiliki Tarian yang melambangkan keberagaman sehingga masyarakat Kota Medan dapat lebih mencintai dan melestarikannya dan kita harus bangga karena memiliki tarian Ahoii ini sehingga kita tetap bisa melestarikan budaya bersama” ujarnya.
Terpisah Kadis Pariwisata Kota Medan, Agus Suriono menyebutkan akan terus memperkenalkan dan mempromosikan tarian Ahoii Nusantara yang kini menjadi ikon Kota Medan.
“ Kita akan terus mempromosikan dan memperkenalkan tarian ini, agar dapat terkenal dan siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa akan ikut menarikan tarian Ahoii. Disamping itu juga kita akan menunjukkan bahwa Kota Medan benar-benar Kota Miniaturnya Indonesia” jelas Agus.
Agus juga berharap kiranya melalui Tarian Ahoii ini, kota Medan semakin dikenal tidak hanya di Indonesia akan tetapi ke Mancanegara sehingga menjadi daya tarik bagi kunjungan wisatawan
“Jadi jika kota Medan banyak dikunjungi para wisatawan baik Wisatawan Nasional maupun wisatawan mancanegara maka akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat, termasuk PAD Kota Medan” katanya (Rev/Rls)

Lebih baru Lebih lama