Wartawan MenaraToday Tulis Cerpen Pamalayu Dharmasraya




MenaraToday.Com – Dharmasraya :

Dengan adanya Festival Pamalayu yang  di selenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat yang diluncurkan di Museum Nasional, Jakarta Pusat, Kamis, (22/8/2019) yang lalu, akan berakhir pada 7 Januari 2020 mendatang, yang dipusatkan di Candi Pulau Sawah, Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung. Adapun rangkaian acara Festival Pamalayu tersebut adalah Lomba Fotografi, Vlog untuk umum, Lomba menulis, Karnaval Arung Pamalayu, Talkshow kemaritiman, lokakarya warisan kebudayaan, dan pesta rakyat.

Terkait dengan hal itu, wartawan MenaraToday.com, Raffy Nusantara menuliskan sebuah cerita pendek (Cerpen) bertajuk "Pamalayu Sejarah Kerajaan Dharmasraya" yang menceritakan tentang sekelumit sejarah Dharmasraya.

Salah seorang masyarakat yang enggan disebutkan namanya dari pembaca cerpen tersebut mengaku terharu dan dapat pengetahuan setelah membacanya.

"Ya, kita jadi terharu dengan ceritanya, sebab dalam cerpen itu tidak hanya menceritakan asal usul Dharmasraya saja, tapi juga menceritakan sesosok Pemuda miskin bersahabat dengan wanita keturunan darah biru, tanpa membedakan status sosial" Pungkasnya.

Hal senada juga ungkapkan oleh Nardi saat dijumpai awak media di Candi Pulau sawah mengatakan bahwa selama ini tidak pernah tahu keberadaan Candi Pulau sawah tersebut, dan tidak pernah tau sejarah asal usul Dharmasraya.

"Sebelumnya saya benar-benar tidak tahu  keberadaan Candi Pulau sawah, candi Padang roco dan Patung-patung sejarah Dharmasraya. Setelah baca cerpen itu, saya jadi tau, rupanya kampung saya sendiri memiliki sejarah dan kerajaan yang besar. Sungguh luar biasa. Sebutnya.
Cerpen yang menceritakan Ekspedisi Pamalayu, sebuah diplomasi melalui operasi kewibawaan militer yang dilakukan Kerajaan Singhasari di bawah perintah Raja Kertanagara pada tahun 1275–1286 terhadap Kerajaan Melayu di Dharmasray tersebut dapat di akses di Aplikasi Wattpad dan di Blogspot pribadinya dengan alamat www.raffynusantara.blogspot.com. (RN).

Lebih baru Lebih lama