BMKG Ingtakan Waspada Gelombang Tinggi Dan Hujan Petir Besok



MenaraToday.Com - Jakarta : 

Badan Meteorologi, Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan diri tentang cuaca esok, Sabtu (5/10/2019) untuk seluruh wilayah Indonesia yang disampaikan dalam laman resmi bmkg.go.id


Dalam paparannya di postingan pada lamannya BMKG menyebutkan besok akan ada lima provinsi berpotensi hutan petir dan angin kencang dan ada tiga provinsi yang berpotensi hujan petir dan angin kencang dan secara keseluruhan ada 13 provinsi yang mendapatkan peringatan dini dari BMKG.

BMKG juga menuliskan sejumlah provinsi berpotensi hujan lebat, hujan sedang – loebat dan angin kencang serta ada wilayah yang berpotensi kebakaran hutan dan lahan.

Ini Daftar peringatan BMKG besok yang dilansir dari laman bmkg.go.id. untuk wilayah yang berpotensi hujan petir disertai angin kencang terjadi di Provinsi Aceh meliputi Tangse, Pidie Jaya dan sekitarnya. Provonsi Kalimantan Tengah meliputi Barito Utara, Barito Selatan, Murung Raya dan Gunung Mas, Provinsi Sulawesi Tengah meliputi Palu, Donggala, Tolitoli, Buol, Poso, Sigi, Touna, Parimo dan Banggai.

Untuk provinsi yang berpotensi hujan lebat, BMKG menyebutkan Kalimantan Timur meliputi Long Apari. Untuk provinsi yang bepotensi hujan sedang – lebat BMKG menuliskan Wilayah Sumatera Utara di daerah Pegunungan, Lereng Barat dan Pantai Barat. Untuk Wilayah berpotensi angin kencang di Provinsi Banten meliputi Pandeglang Bagian Selatan, Lebak Bagian Selatan, Provinsi Maluku kecamatan > 30 Km/Jam meliputi Kepulauan Tanimbar dan Kepulau Aru, Untuk Provinsi Nusa Tenggara Timur meliputi Pulau Timor, Pulau Sumba, Pulau Alor dan Pulau Rote

Sementara untuk Wilayah berpotensi gelombang tinggi meliputi Provinsi Bali yang diprediksi dengan gelombang mencapai 2 meter atau lebih yakni meliputi Selat Bali Bagian Selatan, Selat Badung, Selat Lombok Bagian Selatan dan Samudera Hindia Selatan Bali. Provinsi Banten meliputi Samudera Hindia Selatan Banten, Selat Sunda Bagian Selatan dan Perairan Selatan Banten. Provinsi Kalimantan Tengah dengan gelombang lebih kurang 1.25 0 2,5 meter meliputi Perairan Selatan Kalimantan Tengah, Provinsi Kalimantan Timur dengan gelombang lebih kurang 2 meter di perairan Kota Baru dan Selat Makassa Bagian Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Timur terdiri dari Perairan Nusa Tenggara Timur Bagian Selatan dan Perairan Nusa Tenggara Timur Bagian Barat.

Untuk wilayah yang berpotensi kebakaran hutan dan lahan BMKG menyebutkan daerah Provinsi Kalimantan Selatan meliputi Banjarbaru, Banjar, Tapin, Tanah Laut. Provinsi Kalimantan Tengah, Provinsi Lampung meliputi daerah Mesuji, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Way Kanan dan Lampung Utara. Provinsi Nusa Tenggara Timur, Provinsi Sumatera Selatan dan untuk wilayah yang berpotensi asap, BMKG menuliskan Provinsi Jambi. (Rls BMKG/Red)


Lebih baru Lebih lama