'Filosofi Burung Elang' Untuk Memotivasi Profesi Jurnalis



Oleh : Irlan S

Kita tentu sudah tahu bahwa Burung Elang memiliki pandangan mata yang sangat tajam dalam membidik mangsanya, bahkan elang bisa melakukannya dari jarak puluhan kilometer. Kemampuan berburu elang juga didukung oleh kecepatan terbangnya yang mampu mencapai kecepatan 300 kilometer perjam. Jauh lebih cepat dari pacuan mobil. Itulah sebabnya elang termasuk kelompok hewan yang hampir selalu berhasil dalam hal berburu.




Kemampuan elang dalam berburu ini juga sekaligus bermakna untuk selalu fokus dalam menjalankan kehidupan. Fokus pada tujuan-tujuan yang ingin kita capai dengan mengerahkan segala kemampuan terbaik kita. Anggaplah bahwa tujuan akhir kita adalah sang mangsa bagi burung elang. Kerahkan usaha terbaikmu untuk mencapai mimpi itu..!

"Tingkatkan Potensi Diri"

Elang suka terbang lebih tinggi karena semakin tinggi ia terbang, maka semakin kencang pergerakan angin yang ia dapatkan. Ini bisa dimaknai sebagai proses perkembangan diri dalam kehidupan. Jangan merasa takut untuk selalu memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik. Jangan merasa lelah untuk berusaha mencapai hal-hal yang lebih baik dari sebelumnya.

"Berkawan Dengan Badai"

Badai tentu memiliki hembusan angin yang lebih kencang dan hal ini sangat sesuai dengan kesukaan elang. Dalam hidup, seharusnya kita juga mampu berkawan dengan masalah. Badai harus ditaklukkan, bukan hanya bersikap tenang dalam menghadapi masalah, tapi juga menggali potensi positif di balik suatu masalah.

"Berdikari alias Berdiri Diatas Kaki Sendiri*

Elang lebih bisa memfokuskan daya penglihatannya jika terbang sendiri dibandingkan dengan terbang secara berkelompok. Kesendirian elang dalam terbang ini mengajarkan kita untuk selalu berusaha menjadi pribadi yang mandiri. Baik dalam kondisi senang ataupun susah. Bukan dalam artian menjadi pribadi yang "Anti Sosial" Saudara….!. Sendiri disini dalam arti mandiri dan mampu menjalani kehidupan dengan kemampuan diri sendiri serta tidak menyusahkan orang lain.

"Setia……"

Elang juga terkenal sebagai salah satu hewan yang setia kepada pasangan. Dari "Filosofi" ini kita ambil pesan, khususnya kepada seluruh keluarga besar MenaraToday.com serta pembaca.

"Filosofinya adalah, Bahwa untuk mencapai suatu impian besar dalam hidup, Tetaplah 'Setia' kepada Komitmen…!"

Kita memang perlu berkorban. Pencapaian dalam hidup kita juga pasti memiliki fase-fase yang sulit dan menyakitkan bagi diri kita.

Tapi percayalah... Layaknya elang, setelah kesulitan akan ada kemudahan. Bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian. (Irlan.S/Dikutip Dari Berbagai Sumber)

Lebih baru Lebih lama