Peringati Hari Juang Kartika TNI AD, Dandim 0208/As Bagikan Sembako Ke Masyarakat


Menaratoday.Com - Asahan :

Dalam rangka Hari Juang Kartika TNI AD Tahun 2019, Kodim 0208/As membagikan sembako serta melakukan peninjaian lokasi Kharya Bhakti di Stadion H.  Taufan Gama Simatupang, Kecamatan Sei Kepayang,  Asahan,  Sumatera Utara Kamis (26/12/2019) .


Dandim 0208/As Letkol Inf.  Sri Marantika Beruh dalam sambutannya menyampaikan pembagian sembako untuk keluarga kurang mampu ini diadakan dalam memperingati hari Juang Kartika Tahun 2019 

"Kegiatan ini rutin kita laksanakan setiap Tanggal 15 Desember 2019 yang bertujuan mengenang perjuangan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang dipimpim Jenderal Besar Sudirman pada pertengahan Desember 1945 yang membuat sekutu mundur dari Ambarawa menuju Semarang, walaupun dihadang dengan seluruh kekuatan persenjataan modern serta kemampuan taktik dan strategi sekutu pada pejuang RI tak pernah gentar sedikitpun mereka melancarkan serangan dengan gigih seraya melakukan pengepungan tetap di penjuru kota Ambarawa dengan gerakan pengepungan rangkap itu sekutu benar-benar terkurung. Jenderal Besar Sudirman sebagai pemimpin pasukan menegaskan perlunya mengusir tentara sekutu dari Ambarawa secepat mungkin sebab sekutu akan menjadikan Ambarawa sebagai basis kekuatan untuk merebut Jawa Tengah dengan semboyan "Rawe-rawe Rantas Malang-malang Putung, Patah Tumbuh Hilang Berganti". Pasukan TKR memiliki tekad bulat membebaskan Ambarawa atau dengan pilihan lain gugur di pengakuan ibu pertiwi, serangan pembebasan Ambarawa yang berlangsung selama 4 hari 4 malam dilancarkan dengan penuh semangat pantang mundur dari tanggal 12 Desember hingga 15 September 1945. Para pejuang tidak menghiraukan dengan desingan peluru melawan letusan tembakan sebagai syarat dimulainya serangan umum pembebasan Ambarawa terhadap tepat pukul 04.30 WIB pada tanggal 12 Desember 1945 pejuang yang telah bersiap-siap di seluruh penjuru Ambarawa mulai merayap mendekati sasaran yang telah ditentukan dengan siasat penyerangan mendarat secara serentak di segala sektor seketika dari segala penjuru Ambarawa penuh suara riuh desingan peluru dan dentuman meriam serta ledakan granat serangan dadakan tersebut diikuti dengan serangan balasan musuh yang kalangkabut sekitar pukul 06.00 WIB. Jalan Raya Ambarawa Semarang berhasil dikuasai TKR dan pengepungan musuh dalam Kota Ambarawa berjalan dengan sempurna terjadilah pertempuran jarak dekat musuh mulai mundur pada tanggal 14 Desember 1945. Persediaan logistik maupun amunisi musuh sudah jauh berkurang akhirnya pasukan sekutu mundur dari Ambarawa sambil melancarkan aksi bumi hangus pada tanggal 15 Desember 1945 pukul 17.30 WIB pertempuran berakhir dengan kemenangan gemilang dari TKR benteng pertahanan sekutu yang berhasil direbut pasukan TKR kemenangan pertempuran Ambarawa pada tanggal 15 Desember 1945 dan keberhasilan panglima Jenderal Besar Sudirman di kemudian diabadikan dalam bentuk Monumen Palagan Ambarawa. TNI AD memperingati tanggal tersebut setiap tahun sebagai Hari Infanteri berdasarkan keputusan presiden RI nomor 163/ 1999. Hari Infanteri kemudian diganti dengan nama Hari Juang Kartika" ujar Dandim 

Lebih lajut Letkol Inf SM Beruh menyebutkan kegiatan ini adalah suatu bentuk bagaimana nilai-nilai kejuangan dan pengorbanan para pahlawan bangsa sehingga diresapi dihayati dan diamalkan pada setiap diri prajurit baik dalam pola pikir, pola tindak maupun perilaku sehingga warisan nilai yang ada akan dapat terjaga sampai kapanpun peristiwa bersejarah Palagan Ambarawa ini berikan pesan penting bahwa dengan berbekal, bertekad semangat-semangat senjata serta perlengkapan yang sangat sederhana TNI bersama rakyat berhasil memenangkan pertempuran secara gemilang dalam menghadapi tentara Belanda dalam rangkaian peringatan Hari Juang Kartika.

"inilah yang kita resapi yakni nilai-nilai patriotisme para pahlawan untuk itu marilah kita terus membangun diri agar bangsa Indonesia benar-benar menjadi bangsa yang besar dan bangsa yang cerdas" ujar Dandim mengakhiri sambutannya. 

Sementara itu dalam bimbingan dan arahannya Bupati Asahan menyampaikan  Selamat Hari Juang Kartika TNI AD ke 74.

"Selamat Hari Juang Kartika TNI AD ke 74, semoga TNI semakin Jaya dan  Maju. Di Hari Juang Kartika TNI AD yang ke 74 ini, Persatuan dan Kesatuan dengan rakyat melalui berbagai kegiatan dengan masyarakat sehingga kemanunggalan TNI dan rakyat semakin mendarah daging dan sangat erat dalam mengisi kemerdekaan Negara kesatuan Republik Indonesia. Harapan kita semua semoga melalui peringatan Hari Juang Kartika TNI AD ke 74 akan semakin dapat memotivasi TNI dalam meningkatkan kemanunggalan dan memberikan yang terbaik kepada rakyat bangsa dan negara dan hari ini kita saksikan wujud kepedulian TNI AD di tengah-tengah masyarakat, dan nanti mungkin akan diberikan kegiatan-kegiatan dalam rangka sosial kemasyarakatan yang dilaksanakan oleh TNI AD. TNI juga peduli dengan sosial budaya dan kemasyarakatan.  Selain itu dalam rangka melaksanakan pembangunan infrastruktur yang semuanya ini adalah merupakan wujud kepedulian TNI bersama dengan pemerintah Kabupaten Asahan mudah-mudahan ke depan di mengharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat baik itu di Kecamatan Sei Kepayang,  Kecamatan Sei kepayang Timur dan Kecamatan Sei Kepayang Barat semuanya akan dapat dilaksanakan kegiatan pembangunan infrastruktur secara bertahap karena pemerintah Kabupaten Asahan bersama-sama dengan TNI dan Polri akan bersinergi  untuk masyarakat Kabupaten Asahan yakni mewujudkan kesejahteraan yang menandai melalui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan secara bersama-sama masyarakat demi pembangunan dalam rangka mewujudkan masyarakat yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri" ujar Surya.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Bupati Asahan H. Surya, Bsc,Ketua DPRD Asahan H. Baharuddin Harahap SH MH, Dandim 0208/AS Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S.Sos, Wakapolres Asahan Kompol M. Taufik,SE.MH, Mewakili Kajari Asahan Kasubagbin Ahmad Ridwan,SH. Kepala Pengadilan Negeri Asahan Dr.Ulina Marbun SH MH, Sekda Kab Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, MSi dan Masyarakat penerima sembako. (Pudjie) 
Lebih baru Lebih lama