Kodim 0822 Bondowoso, Tanam 3.000 Rumput Vetiter di Sempol Ijen


MenaraToday.com -Bondowoso :

Menindak lanjuti arahan pimpinan agar menanam tumbuhan pada medan kritis perbukitan yang rawan terjadinya longsor. Kodim 0822 Bondowoso melakukan kegiatan karya bhakti berupa penanaman 3.000 rumput Vetiver Tahun 2020 dengan tema, "Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita" di Gunung Suket Dusun Krepekan, Desa Sempol, Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso Jawa-Timur, Rabu (19/2/2020 ) Pukul 09.00 WIB.


Pada kegiatan yang dihadiri, Dandim 0822 Letkol Inf Jadi. S.ip, Wakapolres Bondowoso Kompol David, Asiten 1 Drs. Agung Tri Handono.SH,MM, Kasdim 0822 Mayor Inf Irawan Setyadi SH,Wadanyon Raider 514/SY Mayor Inf Safril,Ketua BPBD Bondowoso Ir, Kukuh Triatmoko,MM, Manajer PTP  Kalisat, Jampit Ir, Budi Setyawan, Manajer PTP Belawan Heri Suciyoko Sp, Jajaran Muspika Kec. Ijen, Anggota TNI, Polri, BPBD dan masyarakat -/+ 100 orang.

Dandim 0822 Bondowoso Letkol Inf Jadi S.Ip dalam arahannya menyampaikan. kegiatan ini dilakukan sebagai tindak lanjut arahan pimpinan agar menanam tumbuhan atau rumput Vetiver pada medan kritis perbukitan yang rawan terjadinya longsor. 

" Kodim 0822 sebagai satuan komando kewilayahan mempunyai tugas membantu pemerintahan daerah, dalam menanggulangi bencana alam yang bersinergi dengan semua unsur kekuatan yang ada di daerah dan penanaman rumput vetiver ini merupakan salah satu solusi untuk mencegah musibah bencana banjir dan tanah longsor. Rumput Vetiver merupakan jenis tanaman yang sangat efektif untuk mengantisipasi terjadi nya tanah longsor, karena akarnya bisa mencapai kedalaman 5,2 meter dan memiliki daya cengkeram kuat dalam mengikat tanah " kata Letkol Inf Jadi S.Ip.

" Kita berharap dengan penanaman rumput vetiver ini,bisa menjadi mitigasi bencana,sehingga setiap masuknya musim hujan kita tidak was-was lagi, dengan adanya longsor yang terjadi di Kabupaten Bondowoso. Semoga apa yang kita lakukan ini insya Alloh akan menjadi baik diwilayah Bondowoso demi masa depan anak cucu kita, "Mari Kita Jaga Alam Kita, Maka Alam Akan Menjaga Kita" imbuh Dandim 0822 Bondowoso. (S.Rifai)
Lebih baru Lebih lama