Pasien Reaktif Covid 19 Di Kapuas Hulu Dimakamkan Sesuai SOP Penanganan Covid - 19

Keterangan Gambar : Proses pemakaman sesuai protokol penanganan Covid- 19 untuk jenazah reaktif Covid 19 (Foto : Bayu/Ant) 

MenaraToday.Com - Kapuas Hulu :

Seorang pasien reaktif Covid - 19 meninggal di Rumah Sakit Ahmad Diponegoro dan dimakamkan sesuai SOP kesehatan penanganan Covid- 19 di pemakaman umum daerah Putussibau Selatan wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat sekira pukul 17.00 Wib.


" Yang bersangkutan meninggal pukul 11.30 Wib dan belum dipastikan positif atau negatif Covid - 19, namun sebelumnya hasil rapid tes pasien itu reaktif Covid- 19," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, Nazaruddin kepada wartawan,  Senin (20/4/2020)

Nazaruddin menambahkan pemakaman memang dilakukan sesuai protokol penanganan Covid 19, sebagai antisipasi penyebaran virus tersebut.

"Untuk memastikan positif atau negatif Civud - 19, kita telah mengambil sample pasien untuk dikirimkan ke Litbangkes di Jakarta" ujar Nazaruddin

Nazaruddin juga menyebutkan bahwa pasien reaktif Covid - 19 tersebut dengan keluhan penurunan kesadaran sejak pukul  01.00 WIB.

" Pasien awalnya sadar lalu tiba - tiba tidak sadarkan diri dengan riwayat hipertensi dan stroke, tetapi hasil Rapid tes yang bersangkutan Reaktif Covid- 19," jelasnya.

Selain itu, menurut petugas kesehatan pasien tidak ada menderita batuk, pilek dan sesak nafas atau pun sakit tenggorokan, serta tidak ada riwayat perjalanan keluar negeri atau pun berpergian keluar daerah. Meski pun demikian masyarakat Kapuas Hulu di imbau untuk tidak panik, tetapi tetap waspada dengan mematuhi imbauan pemerintah terkait antisipasi sebaran Covid - 19.

" Jangan terpancing oleh informasi yang tidak jelas kebenarannya, namun waspada boleh asal jangan berlebihan, patuhi imbauan pemerintah demi keselamatan kita semua," tegasnya. (Bayu)
Lebih baru Lebih lama