Pemko Siantar Mulai Salurkan Bantuan kepada Warga Terdampak Pandemi Covid-19


MenaraToday.Com - Pematangsiantar :

Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar mulai menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Penyaluran bantuan dimulai Selasa (21/4/2020) yang diawali di dua kecamatan, yakni Siantar Barat dan Siantar Sitalasari.

Sebanyak 3.208 paket sembako yang terdiri atas beras, minyak goreng, gula pasir, telur, dan kacang hijau dibagikan untuk warga di 12 kelurahan yang ada di Kecamatan Siantar Barat dan Siantar Sitalasari. Bantuan langsung diserahkan Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah SE MM bersama Wakil Walikota Togar Sitorus SE MM, dan Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kusdianto SH secara simbolis kepada para lurah. 

Dalam kesempatan tersebut, Hefriansyah mengatakan, pembagian paket sembako merupakan bentuk nyata kepedulian Pemko Pematangsiantar terhadap warganya yang tidak dapat beraktivitas di luar rumah, karena adanya imbauan tetap berada di rumah selama pandemi Covid-19. 

"Imbauan agar tidak keluar rumah bertujuan memutus mata rantai penularan atau penyebaran Covid-19," katanya. 

Dikatakannya, pemberian paket sembako itu juga merupakan jawaban atas pertanyaan yang dilontarkan sejumlah pekerja informal, seperti mitra ojek online, buruh bangunan, dan warga tidak mampu lainnya. Mereka kerap  mempertanyakan bagaimana mereka dapat bertahan hidup jika hanya berada di rumah dan tidak bekerja. 

“Mudah-mudahan dengan dibagikannya sembako ini sedikit mengurangi rasa kesedihan kita di tengah mewabahnya virus ini,” ujar Hefriansyah, seraya meminta pihak kelurahan serta petugas yang membagikan untuk benar-benar menyalurkan bantuan tersebut.

Hefriansyah juga mengajak masyarakat untuk berdoa semoga Covid-19 yang melanda negara Indonesia, terutama Kota Pematangsiantar segera berakhir. Kepada warga yang memiliki kemampuan, Hefriansyah mengharapkan agar yang bersangkutan tidak menerima bantuan tersebut. 

Sementara itu Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pematangsiantar Pariaman Silaen, menerangkan penyaluran bantuan paket sembako sudah dimulai. Selasa (21/4/2020) disalurkan kepada 3.208 Kepala Keluarga (KK) dari 12 kelurahan yang ada di Kecamatan Siantar Barat dan  Siantar Sitalasari.

Untuk Kecamatan Siantar Barat sebanyak 1.513 paket sembako dengan total: beras 15.130 kilogram, minyak goreng 1.119 liter, gula pasir 756,5 kilogram, telur 45.390 butir, dan kacang hijau 756,5 kilogram. Sedangkan untuk Kecamatan Siantar Sitalasari sebanyak 1.695 paket sembako berupa beras 16.950 kilogram, minyak goreng 1.695 liter, gula pasir 847,5 kilogram, telur 50.850 butir, dan kacang hijau 847,5 kilogram. 

Penyerahan bantuan tersebut dihadiri Staf Ahli Drs Daniel Siregar dan Pardamean Silaen, Plt Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bappeda) M Hamam Sholeh AP, Kepala Badan Pengendalian Bencana Daerah (BPBD) Midian Sianturi, Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Mardiana SH, serta seluruh camat di Kota Pematangsiantar. Ungkapnya (Al, Red)
Lebih baru Lebih lama