Polres Tapsel Lounching Program Unggulan Marpege-Pege

Menaratoday.com -Tapsel

Guna mewujudkan rasa empati ditengah wabah Covid-19, Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) meluncurkan dan melaunching program unggulannya "Marpege-pege (Gotongroyong) Peduli Kemanusiaan", Selasa (21/4/2020).

Dalam sambutannya, Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib, SIK MH, menyampaikan bahwa, di hari itu Mabes Polri telah mengimbau kepada seluruh jajaran untuk melakukan bakti sosial kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 secara serentak.

Namun demikian, sudah jauh-jauh hari Polres Tapsel beserta jajaran Polsek menggelar aksi kemanusiaan membantu warga kurang mampu maupun yang terdampak Covid-19 melalui program "Marpege-pege Peduli Kemanusiaan".

"Nanti, akan kita lepas iring-iringan mobil pembawa ratusan sembako berasal dari sumbangan para personel maupun donatur yang nantinya akan diserahkan ke masyarakat Tapsel dan Paluta," katanya.

Dikatakan, pihaknya juga membuka donasi bagi para dermawan yang hendak menyumbangkan sedekahnya ke masyarakat. Sejauh ini, pihaknya telah menerima bantuan dari PT ANJ Angkola Selatan sejumlah beras 135 sak (5Kg/sak) dan dari PT ANJ Padang Bolak sejumlah beras 110 sak (5Kg/sak) serta minyak makan sejumlah 7 karton atau 24 bungkus.

"Kemudian, sumbangan dari Kabagsumda (Kapolsek sejajaran Polres Tapsel) diantaranya, beras 200 sak (5Kg/sak), telur ayam 600 papan (15 butir/papan), gula 200 bungkus (1Kg/bungkus), dan minyak goreng 200 bungkus (1liter/bungkus)," jelasnya.

Selanjutnya, Polres Tapsel juga menerima dari PT Bona Hutaraja Muara Batang Toru sejumlah 50 paket sembako yang terdiri dari minyak goreng, beras, gula pasir, mie instan, bubuk teh, kecap, dan sabun colek. Setelah itu, dari Perbakin Tapsel 200 paket sembako yang terdiri dari beras 5Kg (200 sak), mie instan (190 kotak), masker (500 buah), dan sarden (200 kaleng/4 kotak).

"Hingga Senin (20/4/2020) ini, dana sumbangan di buku kas kegiatan bakti sosial Polres Tapsel ialah sejumlah Rp168 juta. Kegiatan bakti sosial ini juga akan dilaksanakan secara berkelanjutan tidak hanya ditengah pandemi Covid-19 ini saja, namun seterusnya," tutup Kapolres.

Sementara itu, Dandim 0212/Tapsel, Letkol (Inf) Akbar Novrizal, SIP, mengapresiasi langkah yang dilakukan Polres Tapsel sejajaran. Selama wabah Covid-19 melanda, jajaran TNI-Polri terus bahu-membahu membantu masyarakat yang terdampak.

"Kami berharap, apa yang dilakukan Polres Tapsel ini dapat menjadi pemicu bagi instansi maupun masyarakat lainnya untuk berbagi ke sesama. Mari kita sama-sama berdoa, supaya wabah Covid-19 ini segera berakhir," ujarnya.

Sedangkan Wakil Bupati Tapsel, Ir H Aswin Siregar, MM, mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada jajaran Polres Tapsel yang akan menyerahkan bantuan kepada masyarakat di wilayah hukumnya. Kiranya, bantuan tersebut dapat memberi manfaat bagi masyarakat luas.

PJU Polres Tapsel, Asisten I Pemkab Padang Lawas Utara (Paluta) H Syarifuddin Harahap SSos MM, organisasi Karang Taruna, tokoh agama dan masyarakat serta para relawan. (Ucok siregar)
Lebih baru Lebih lama