Dinkes Dharmasraya Laksanakan Rapid Test Kepada 129 Warga Pasar



Menaratoday.com - Dharmasraya

Agar lebih cepatnya memutus mata rantai penularan Virus Corona Disease 2019 (Covid-19) maka Dinas Kesehatan Kabupaten Dharmasraya bersama Laboratorium Kesehatan Daerah (LABKESDA) beserta jajaran, gelar skrining berupa pemeriksaan Rapid test (RDT)  terhadap klaster berada di wilayah Pasar Pulau Punjung Kamis (14/5/20).

"Kegiatan menargetkan untuk 129 orang pemeriksaan RDT saat itu, lebih di utamakan bagi para ibu hamil dan pelajar dari daerah terjangkit, berada diwilayah Pasar Pulau Punjung," sebut Kadiskes dr. Rahmadian. S, disela kegiatan.

Pemeriksaan RDT bagi warga pasar, dengan tujuan untuk mempercepat pencegahan dan penanganan penularan covid-19. Sehingga masyarakat berkunjung ke pasar, tidak cemas untuk melakukan kegiatan perekonomian, dengan selalu mengikuti protokoler kesehatan.

" Walaupun dalam pemeriksan  RDT hasilnya non reaktif, pihak dinas kesehatan juga tetap menghimbau masyarakat agar tetap menjaga jarak, 1-2 meter. Adapun untuk keluar rumah, jika ada keperluan penting, dengan memakai masker, serta selalu mencuci tangan memakai sabun.

"Dalam hal ini, Dinkes tetap berkomitmen melaksanakan tracking dan trassing untuk percepatan dan penanganan covid-19 di Kabuoaten Dharmasraya ini," terang dr. Rahmadian.

Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Dharmasraya, agar selalu mengedepankan keselamatan diri ketika bepergian keluar rumah, dengan tidak mengusap, mata, hidung, dan mulut.

Upayakan setelah sampai di rumah pulang dari bepergian, untuk tidak menyentuh barang apapun. Segera mandi keramas, dan jangan lupa memakai sabun, atau sejenisnya, pungkas dr Rahmadian.
(Syaiful Hanif)
Lebih baru Lebih lama