Tim Gugus Tugas Covid-19 Kapuas Hulu Lakukan Pengecekan Rapid Tes Dadakan di Pusat Keramaian

Keterangan Foto : Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kapuas Hulu melakukan rapid tes dadakan di pasar pagi kecamatan Putussibau Utara, Kapuas Hulu.Kamis, (14/5/2020) (Nes/Bhw)


Menaratoday.com - Kapuas Hulu (Kalbar)

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus 2019 (Covid-19) kabupaten Kapuas Hulu melakukan rapid tes dadakan di pasar pagi kecamatan Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis (14/5/20).

Kepala Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu Gunawan mengatakan sebanyak 8 pedagang dilakukan rapid tes oleh tim Puskesmas Putussibau Utara dan Dinas Kesehatan setempat.

Dikatakan Gunawan, sebelumnya Tim Gugus Tugas Pecepatan Penanganan Covid-19 Kapuas Hulu melakukan rapat tim guna pengecekan rapid tes dadakan tersebut.

" Tim memutuskan untuk melakukan sampeling di pusat keramaian dan yang diputuskan adalah pasar pagi. " Ucapnya

Sambungnya lagi, Ini masih kita coba untuk pencegahan kita pusatkan di pasar pagi kota Putussibau kecamatan Putussibau Utara.

Dijelaskan Gunawan, pedagang yang dirapid tes ditentukan secara acak dan lapak mereka masing-masing berjarak 10 hingga 15 meter. "Ini kita berharap hasilnya semua non reaktif. Kalau ad reaktif ini perlu hati-hati dan akan ada langkah lanjutan yang ditentukan tim.

Keterangan Foto : Rapid Tes dadakan di Pasar Pagi kota Putussibau oleh Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19.

"Kami pilih pasar karena pusat keramaian, ini tidak di ketahui orangnya dari mana-mana. Tempat selanjutnya akan kita kaji. Kita lebih baik mencegah daripada menunggu kondisi tidak baik, " paparnya.

Gunawan juga menghimbau agar semua ektra hati-hati jangan sampai lengah karena ujung-ujungnya bisa di isolasi. Pedagang harus menjaga kesehatan dan layani pelanggan dengan baik dan memperhatikan batasan jarak psycal distancing, 2-3 meter. 

Lanjut Gunawan pengunaan masker juga kita himbau pada pengguna jalan disekitar pasar pagi, ada rekan kami dari Dinas Perhubungan dan Satpol pp bahkan Kodim 1206/Psb juga terlibat," ucapnya. 

Keterangan Foto : Rapid Tes dadakan di pasar pagi Putussibau.

Menurut Gunawan Penggunaan masker sangat membantu mencegah penularan covid 19. Sebab itu masyarakat harus menggunakannya saat berinteraksi dan keluar rumah.

"Kita terus edukasi masyarakat tentang protokol kesehatan dengan kegiatan seperti ini, semoga masyarakat ikut tertib," pungkasnya mengakhiri (Nes/Bhw)
Lebih baru Lebih lama