Antisipasi Karhutla, Kencana Group Region Badau Apel Siaga Api

Keterangan Foto : Suasana /// Apel Persiapan dan Sosialiasi dan Penanggulangan Karhutla Kecamatan Badau yang berlangsung di Club House Seriang Estate.
Menaratoday.com - Kapuas Hulu

Apel Persiapan dan Sosialiasi Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla Kecamatan Badau berlangsung,Senin (22/23 - 6- 2020) lalu.

Kegiatan tersebut oleh PT BTS, PT SKM dan PT MIJ, yang merupakan anak dari perusahaan Kencana Group Region Badau, yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit di Club House Seriang Estate, Kecamatan Badau Wilayah Indonesia - Malaysia Kabupaten Kapuas Hulu.

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Pimpinan PT. BTS, PT. SKM, PT. MIJ beserta staf

Selain itu, hadir pula perwakilan Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Kapuas Hulu, Camat Badau, Camat Empanang
Kapolsek Badau, Danramil Badau,  Danramil Empanang, Ka. Daop Manggala Agni Semitau dan Anggota, Tim Gugus Tugas Karhutla Region Badau.


Dan tak ketinggalan juga sejumlah Kades, Kadus dan Patih serta tokoh masyarakat  dari desa-desa yang beroperasinya Perkebunan Kelapa Sawit dr ke-tiga perusahaan tersebut.

RC. Badau yang diwakili EM SRIE Satria A.Sitepu mengatakan " Kegiatan yang dilaksanakan dalam apel kesiapsiagaan pencegahan dan penanggulangan Karhutla tersebut, diantaranya yakni paparan mengenai kesiapsiagaan perusahaan dalam pencegahan dan penanggulangan Karhutla oleh pihak perusahaan, " Kata Satria A.Sitepu kepada Menaratoday. com. Jumat (26/6)

Disampaikan dalam apel di masa Pandemi COVID-19 ini, pihaknya juga membahas tentang teknik pemadaman api di hutan dan lahan gambut, tipe kebakaran hutan dan lahan gambut dan strategi pemadaman kebakaran hutan dan lahan gambut.

Kemudian dalam paparan dan kesiapsiagaan ada pula sesi tanya jawab bersama stakeholder yang hadir pada acara itu," Jelas Sitepu

Arahan dan paparan juga disampaikan oleh masing-masing Muspika, baik dari Camat Badau, Camat Empanang,
Kapolsek Badau, Danramil Empanang, dan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Kapuas Hulu, serta Daops Manggala Agni Semitau.

Sementara itu Camat Badau Adenan dalam paparannya mengatakan Masyarakat bisa dan harus paham tentang kebakaran Hutan dan Lahan.

" Acara sosialisasi Siaga Api dan Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan sangat bagus, bisa diadakan juga di kantor Kecamatan bukan hanya di perusahaan. " Ujarnya

Ditambahkan Adenan " Resiko untuk kebakaran Hutan dan Lahan sangat berat, " tegasnya

Selain itu Camat Empanang Donatus Dudang menyatakan menyampaikan materi pembelajaran dan praktis yang di dapat dari kegiatan Sosialisasi Siaga Api dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan agar bisa diterapkan diwilayahnya masih - masing

" Kebakaran Hutan dan Lahan 90% di sebabkan oleh faktor manusia sehingga kita berperan penting dalam penanggulan kebakaran Hutan dan Lahan, " Ujar Camat dalam paparannya

Ditambahkan Camat perlunya pemahaman dan memahami peran masing-masing dalam antisipasi kebakaran Hutan dan Lahan sesuai dengan peraturan Pemerintah, " tambah nya

Mewakili Dinas Pertanian Dan Pangan Kapuas Hulu Muchrim A.Md menyampaikan perlunya landasan hukum pengendalian kebakaran Hutan dan Lahan dan Pedoman persiapan dan upaya pencegahan.


" Penyebab kebakaran Hutan dan Lahan  serta dampak pembakaran Hutan perlu adanya pencegahan lebih dini, " pesannya

Dan tak ketinggalan juga kata Muchrim penyiapan lahan tanpa bakar dan peran serta masyarakat dalam penanggulangan perlu dilakukan langkah langkah dalam upaya penanganan perlu di antisipasi lebih awal, " Pungkasnya mengakhiri

Dalam kegiatan tersebut dilakukan pelatihan penanganan karhutla yang diperagakan oleh tim gabungan Penanganan Karhutla (Bayu)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama