Dalam Rangka Sosialisai New Normal, Karang Taruna Provinsi Sumut Gelar Roadshow Se Kabupaten/Kota


 
Keterangan Gambar : PengurusKarang Taruna Provinsi Sumut dan pengurus Karang Taruna Kabupaten Labura berfoto bersama di depan pos lantas Polsek Kualuh Hulu (Foto : Greg) 

MenaraToday.Com - Labura

Semangat yang tidak mengenal kata lelah ditunjukan Ketua Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara dan jajaran pengurus,setelah perjalanan panjang roadshow mengunjungi Kabupaten/kota dalam rangka sosialisasi New Normal dimasa pandemi ini, yang sehari sebelumnya berada dikabupaten Labuhan batu.

Keterangan Gambar : Pengurus Karang Taruna Provinsi Sumut dan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Labura Foto bersama setelah pelaksanaan sosialisasi New Normal (Foto : Greg)

Hari ini Rabu (24/6/2020) Ketua Karang Taruna Sumatera Utara, Dedi Dermawan Milaya dan anggota menyambangi Kabupaten Labura yang digelar di Aula Ahmad Dewi Syukur.

“Kunjungan ini adalah kunjungan ke 9 Roadshow Sosialisasi New Normal yang kita ketahui saat ini kita lagi diserang wabah Covid 19 yang sangat meresahkan. Akibat negatif dari wabah ini sangat banyak khususnya pada pelaku UKM, industri kerakyatan dan pekerja yang banyak di rumahkan tentunya ini menjadi miris bagi kita dan kita berharap  kehidupan kita kembali normal disertai dengan protokoler kesehatan bisa beraktivitas seperti biasa,demi membangkitkan kembali ekonomi. Mudah mudahan dengan usaha dan doa kita bersama covid 19 ini segera berakhir, kami sebagai mitra pemerintah dan pilar sosial masyarakat akan siap membantu untuk mensosialisakan masalah New normal ini seperti moto kita kerja keras, kerja cerdas dan sejahtera” ujarnya.

Dedi Milaya menyebutkan Kabupaten Labura merupakan Kabupaten ke 9 yang dikunjungi dan setelah ini akan ke Tanjungbalai dan Asahan. Semoga apa yang kita lakukan bisa memberikan motivasi pada kawan kawan karang taruna yang ada diseluruh provinsi Sumatera Utara ini.

Untuk menjadikan kawan kawan yang ada di baris desa berpikir bagaimana menciptakan kewirausahaan, berpikir menciptakan inovasi, mengembangkan potensi yang ada di desa supaya SDM nya bisa terampil dan menjadi visioner. Kita tidak mau menjadi penonton  dinegara kita sendiriujar Dedi

Dedi lalu menjelaskan bahwa Labura termasuk Kabupaten yang mengandalkan sektor pertanian, terutama komoditas  kelapa sawit. Tetapi industri kelapa sawit ini hasilnya bisa terasa jika dalam skala besar, sementara untuk masyarakat biasa yang memiliki sumber daya terbatas, hasil dari komoditas kelapa sawit tidak bisa mencukupi kebutuhan pokok mereka.

"Jika lahan masyarakat yang bisa digunakan hanya beberapa meter ataupun rantai, tentu tidak cocok untuk ditanami sawit. Oleh karena itu, komoditas pertanian terutama berupa hasil pangan jauh lebih berguna untuk dikembangkan masyarakat". Ujarnya.

Diakhir kata sambutannya, Dedi juga memperkenalkan dua badan yang baru terbentuk, di bawah naungan Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara. Dua unit tersebut adalah Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Karang Taruna yang dipimpin oleh  direktur Andi Harahap dan Koperasi Karang Taruna yang bergerak di bidang pemasaran usaha ekonomi produktif Karang Taruna Sumatera Utara yang dinaungi oleh konsultan pertanian, Darwis Harahap.

Sementara itu Kadis Pertanian dan juga pembina teknis Karang Taruna Labura Hendrik Simarmata, SPi, mengatakan bahwa sektor pertanian di Labura saat ini memang didominasi komoditas kelapa sawit. Hal ini dikarenakan masyarakat Labura sudah terbiasa untuk menanam sawit yang tidak membutuhkan perawatan ekstra dalam pembudidayaannya.

"Kendala utama dalam hal mengembangkan komoditas pangan adalah mental masyarakat Labura yang terbiasa enak untuk menanam Sawit. Oleh karena itu, Karang Taruna diharapkan dapat memberikan contoh nyata kepada masyarakat, agar mereka mengetahui betapa pentingnya menanam komoditas pangan” ujar Hendrik Simarmata. 

Menanggapi hal itu, Ketua Karang Taruna Labura, Yudha Iskandar Aruan, SP, MSi, mengatakan bahwa sinkronisasi antara Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara dengan Karang Taruna Labura menghimbau agar warga Karang Taruna memiliki semangat ataupun mental untuk mengembangkan sektor hortikultural.

Yudha juga mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Ketua Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara atas kehadirannya ke Labura, serta kepada Kepala Dinas Pertanian Labura yang telah memberikan suport dan semangat kepada Katar Labura, yang merupakan pendamping kebijakan pemerintah.
"Kami warga Karang Taruna akan terus bersemangat untuk membantu program dan kebijakan pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara".ujarnya

Kunjungan Ketua Karang Taruna Provinsi Sumatera Utara pun diakhiri dengan pembagian 1000 masker, yang bertempat di depan Kantor Satlantas Polsek Kualuh Hulu. (greg)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama