Kencana Group Region Sejiram Siaga Karhutla

Keterangan Foto : Suasana /// Apel Persiapan dan Sosialiasi Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla yang di laksanakan oleh Kencana Group Region Sejiram, Kamis (25/6/2020)

Menaratoday.com - Kapuas Hulu

Apel Persiapan dan Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla Kecamatan Semitau berlangsung Kamis (25/6/2020).

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh PT. PMS PT. DNL dan PT. AMS (Kencana Group ) Region Sejiram di Sejiram Estate.

Hadir dalam kegiatan  RC Seberuang dan para Pimpinan PT. PMS , PT. DNL, PT. AMS  beserta Staf,  Kepala BPBD Kab. Kapuas Hulu, Perwakilan Dinas pertanian tanaman pangan Kabupaten Kapuas Hulu, Camat Seberuang, Camat Semitau, Camat Silat Hulu dan Camat Silat Hilir, Kapolsek Semitau, Kapolsek Seberuang, Kapolsek Silat Hulu Kapolsek Silat Hilir.

Hadir juga  Danramil Silat Hilir, Danramil Silat Hulu dan Danramil Seberuang, Danramil Semitau, Ka. Daop Manggala Agni Semitau dan Anggota, Tim Gugus Tugas Karhutla Region Sejiram, dan Para Kades beserta Perangkat Desa, Ketua BPD dan Anggota, Ketua Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda dari Desa - Desa yang beroperasinya Perkebunan Kelapa Sawit dari ke- 3 Perusahaan di wilayah tersebut.

Disampaikan paparan dalam apel Kesiapsiagaan Pencegahan dan Penanggulangan KARHUTLA, kemudian Paparan mengenai kesiap siagaan Perusahaan dalam Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla oleh Pihak Perusahaan yang disampaikan oleh RC. Sejiram yang diwakili Agus Priyanto.


Paparan dan arahan juga disampaikan Muspika  yang diwakili Camat Seberuang Iyul, Kemudian Kapolsek, Danramil, dinas pertanian dan pangan Kapuas hulu, Dinas Pemberdayaan masyarakat dan desa, BPBD, serta Manggala Agni.

RC. Sejiram yang diwakili Agus Priyanto mengatakan, dilakukan peninjauan Fasilitas dan peralatan untuk Penanggulangan dan Pencegahan Karhutla, Penandatangan MOU Kesepahaman Penanganan dan Pencegahan Karhutla.

"Pada Apel Karhutlah Region Sejiram hari ini. Perusahaan telah membuat struktur organisasi karhutlah, peta rawan kebakaran, apel sarana dan prasarana damkar, membuat tim MPA untuk desa, rencana program buka lahan tanpa bakar di desa, menunjukkan menara api dan embung air," kata Agus menambahkan.

Sementara itu, Kepala BPBD Kapuas Hulu Gunawan mengatakan, apel dalam rangka antisipasi persiapan menghadapi karhutla di kabupaten Kapuas Hulu dilaksanakan oleh Kencana Group Region Sejiram

"Sekaligus kegiatan sosialisasi dan apel siaga pengendalian karhutla 2020 dalam menghadapi musim kemarau di Kabupaten Kapuas Hulu, dimana diperkirakan puncak kemarau ada di bulan Agustus  sampai dengan September," ungkap Gunawan.


Untuk itu perlu dilakukan langkah langkah dalam upaya penanganan pengurangan risiko karhutla perlu dilakukan sosialisasi dan pelatihan pengunaan alat alat pemadam kebakaran karhutla yang masuk dalam Region Sejiram antara lain kecamatan seberuang, semitau, silat hulu dan silat hilir.

"Kita berharap agar adanya kesadaran masyarkat  dalam mengantisipasi  daerah-daerah rawan karhutla, sehingga karhutla ditahun ini bisa diantisipasi lebih awal untuk mengurangi dampak resiko karhutla tersebut," kata Gunawan.(Bayu)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama