Desa Tenajar Kidul Laksanakan Syukuran Sedekah Bumi

 

MenaraToday.Com - Indramayu : 

Pasca musim tanam pembajakan lahan pertama atau yang disebut musim rendeng akan segera tiba semua desa di tataran pulau Jawa melaksanakan acara adat yang dinamakan sedekah bumi,acara ini biasa dilaksanakan sebagai tradisi turun temurun dari kakek moyang kita untuk menghormati leluhur kita.Acara ini  sangat disakralkan di tiap desa dan wajib dilaksanakan.Seperti yang di ucapkan Kuwu Tenajar Kidul Fast Nurafiat diruang kerjanya  16/11/22 ,"bahwa acara Sedekah bumi ini adalah acara adat yang harus dilaksanakan oleh masyarakat sebelum musim tanam tiba atau pembukaan lahan pertanian dan acara sedekah bumi semata- mata menghormati leluhur kita dulu."papar Kuwu Fa'at". Kepada MenaraToday.Com.

Acara adat ini dilaksanakan di areal persawahan untuk pengiriman do'a dan dilaksanakan di halaman kantor desa Tenajar kidul kecamatan Kertasemaya kabupaten Indramayu dengan hiburan wayang kulit dari Cirebon dengan dalang Sudarso.Acara ini dihadiri oleh Muspika kecamatan Kertasemaya kabupaten Indramayu dan semua kuwu d wilayah itu.

Perayaan syukuran sedekah bumi ini disambut sangat antusias oleh masyarakat setempat dengan membawa tumpengan untuk pengiriman do'a bersama untuk para leluhur. ( Arrie.td )

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama