Dana BOK Terkesan Ditutupi, Kepala Puskesmas Sipispis drg.Mayang Sari Diduga Kurang Paham Undang Undang KIP

Keterangan Gambar : Pusat Kesehatan Masyarakat Rawat Inap Kecamatan Sipispis (Puskesmas Rawat Inap Sipispis).(Foto/Irlan)

Menaratoday.com - Serdang Bedagai :

Kepala Puskesmas (Kapus) Puskesmas Sipispis, drg.Mayang Sari diduga kurang memahami undang - undang tentang keterbukaan informasi publik (KIP).

Dugaan tersebut dikarenakan Mayang Sari selaku Kapus Puskesmas Sipispis tidak memberikan informasi saat dikonfirmasi berapa jumlah nominal dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) yang dikucurkan pemerintah di Puskesmas Sipispis.

Saat menaratoday.com melakukan konfirmasi kepada Kapus Puskesmas Sipispis, drg.Mayang Sari, Selasa (13/06/2023), dirinya mengatakan bahwa wartawan tidak punya kompeten menanyakan berapa jumlah anggaran dana BOK yang ada di Puskesmas Sipispis.

"Gini, saya bukannya keberatan untuk menjawab, saya tau lah (besaran dana BOK), ya gak kapasitas bapak juga, gak kapasitas saya juga menyampaikan, apa ya?, Inspektorat inilah OPD yang berkompeten," kata Kepala Puskesmas Sipispis, drg.Mayang Sari.

"Bukan gak mau jawab pak, artinya saya menyampaikan kepada memang instansi lembaga berkompeten, kapasitas bapak sebagai apa..? Tujuan bapak untuk apa..? Terus pemberitaan itu kemana arahnya..?, Saya sudah sampaikan yang berkompeten itukan sudah ada," kata Kapus Puskesmas Sipispis yang mengatakan bahwa wartawan tidak punya kapasitas bertanya berapa besaran dana BOK.

Mirisnya lagi, saat ditanyakan berulang-ulangkali berapa besaran jumlah dana BOK Puskesmas Sipispis, drg.Mayang Sari bersikukuh mengatakan bahwa terkait dana BOK tidak boleh diketahui oleh publik.

"Sebenarnya itu (dana BOK) tidak dibenarkan untuk konsumsi publik pak, untuk yang berkompeten pak, dan artinya untuk yang terarah itu pak. Apa yang saya sampaikan nanti dengan gampangnya bapak plintir, bapak naikkan lagi berita," katanya.

"Beda pak tidak bersedia memberi tau, sama bukan pada tempatnya saya memberikan (informasi), gak sembarang orang, jadi nanti kalau ada wartawan lain (tanya-tanya dana BOK)," kata drg. Mayang Sari ini lagi.

Terkait pernyataan Kapus Puskesmas Sipispis, drg. Mayang Sari, menaratoday.com mencoba konfirmasi dan meminta tanggapan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai (Kadiskes Sergai), Selamat Hartono, melalui pesan WhatsApp, Kamis (15/06/2023). 

Berselang beberapa waktu, Kadiskes Sergai menghubungi via telepon, Kadiskes mengatakan sedang ada kegiatan dan lagi berada diluar kota.

Saat menaratoday.com mencoba konfirmasi ulang kembali berapa besaran dana BOK Puskesmas Sipispis dan terkait apa alasan Kapus Puskesmas Sipispis, drg.Mayang Sari tidak bersedia memberitahukan besaran dana BOK Puskesmas Sipispis, melalui pesan WhatsApp, Jumat (16/06/2023) pukul 10:11 WIB.

Sekaligus konfirmasi siapa bendahara BOK Puskesmas Sipispis dan apakah Kepala Puskesmas Sipispis pernah mendengar tentang Undang Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), tapi Kepala Puskesmas Sipispis, drg.Mayang Sari belum memberikan tanggapan, dicoba konfirmasi ulang beberapa kali juga belum dibalas.

Hingga berita ini ditulis, drg. Mayang Sari, Kepala Puskesmas Sipispis belum memberikan jawaban walaupun pesan konfirmasi sudah terkirim dan ceklis dua.(Irlan)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama