Sekdakab Toba: Lewat "Toba Joujou Festival" Bangun Sinergitas Pengembangan Sektor Pariwisata Inklusif

MenaraToday.Com - Toba :

Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Provinsi Sumatra Utara, Augus Sitorus mengungkapkan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Toba bekerjasama dengan Bank Indonesia  (BI) tengah menggelar Toba Joujou Festival selama tiga hari, terhitung sejak 23-25 Juni 2023  di Venue F1H2O Lapangan Sisingamangaraja XII Balige, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara. 

Toba Joujou Festival, terlaksana atas kerjasama Pemkab Toba dengan pihak Bank Indonesia beserta kelompok-kelompok UMKM yang datang dari 16 Kabupaten wilayah binaan BI Cabang Sibolga, sebut Augus Sitorus saat meninjau persiapan Festival di Venue F1H2O Lapangan Sisingamangaraja XII Balige, Kamis (22/6/2023). 

Dalam festival ini, Pemkab Toba juga melibatkan  BPODT dan seluruh pegiat UMKM terkhusus yang ada di Kabupaten Toba dan wilayah tetangga. Tak hanya itu, keterlibatan para pelaku UMKM ini juga bertujuan untuk membangun sektor pariwisata yang inklusif serta sosialisasi digitalisasi elektronik. 

Dalam kegiatan ini, Pemkab Toba juga mengundang Menteri Parekraf, Gubernur Sumut dan Sihar Sitorus selaku anggota DPR RI Komisi XI yang membidangi perbankan.

 "Ini sengaja kita undang supaya dilaksanakan di Kabupaten Toba, karena kita tahu bersama bahwa Kabupaten Toba salah satu DPSP (Daerah Pariwisata Super Prioritas) yang ditetapkan oleh pemerintah, untuk itu kita harus bersinergi mendukung sektor pariwisata ini agar pertumbuhan ekonomi kita juga bisa cepat berkembang dan juga mencegah inflasi di Kabupaten Toba ini, tambahnya. 

Disinggung soal kegiatan yang akan digelar selama tiga hari pelaksanaan Toba Joujou Festival, Sekda menyebut akan ada berbagai kegiatan, termasuk festival kopi dari berbagai UMKM binaan BUMN, BUMD maupun swasta. Nantinya para pelaku UMKM ini akan diberi pembinaan bagaimana mereka dapat bersaing secara kompetitif untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan mereka, serta menilik potensi lain seperti padi, jagung dan tenun. 

Ada juga kegiatan Lomba Fotografi, Launching aplikasi e-commerce lokal Pemkab Toba yang bisa diakses melalui kreatif.tobakab.go.id.

"Selain itu nanti juga akan ada dilakukan fashion show untuk anak-anak juga yang dewasa, dan kita juga mengundang artis-artis terkenal selama 3 hari ini menghibur masyarakat sekaligus mengajak masyarakat para pelaku UMKM supaya membiasakan melaksanakan transaksi non tunai," sambung Augus Sitorus. 

Pada kesempatan itu, dirinya juga mengajak seluruh masyarakat Toba untuk hadir dalam Toba Joujou Festival untuk menikmati beragam hiburan dan mengetahui program-program yang akan disampaikan oleh BI melalui talkshow, dan memberikan informasi-informasi untuk melakukan pengembangan-pengembangan kepariwisataan dan juga digitalisasi keuangan. 

"Selama kegiatan ini berlangsung, tidak ada pungutan karcis bagi masyarakat yang menyaksikannya", pungkas Sekda. (JT)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama