Bupati Toba Resmi Buka Kegiatan Penguatan Pengelolaan dan Kerjasama Bumdes

MenaraToday.Com - Toba :

Bupati Kabupaten Toba Provinsi Sumatra Utara Poltak Sitorus, Senin (10/7/23) bertempat di Gedung Sentra Pemuda membuka secara resmi kegiatan Penguatan Pengelolaan dan Kerjasama Badan Usaha Milik Desa/Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUM Desa/BUM Desa Bersama).

Dalam sambutannya, Bupati Poltak Sitorus memaparkan bahwa Toba memiliki potensi besar dalam memajukan BUM Desa dan BUM Desa Bersama. Kita memiliki potensi keindahan alam dan produk unggulan yang mestinya di kembangkan, ujarnya.

BUM Desa dan BUM Desa Bersama diharapkan dapat menjadi penyumbang pendapatan asli Desa dan menjadi pengungkit kemandirian desa. Sehingga kedepannya Toba mampu bersaing di era globalisasi serta berdaya saing. Untuk mewujudkannya, kita harus bekerja dengan kreatif, inovatif, produktif dan non koruptif, dalam mewujudkan Toba Unggul dan Bersinar.

"Guna meningkatkan peran Bumdes dalam perekonomian masyarakat, disarankan untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan media sosial untuk mempermudah pemasaran produk Bumdes menggunakan sistem jual beli online", terang Bupati Poltak. 

Penguatan Bumdes akan dilakukan melalui pengelolaan SDM Bumdes yang handal dan  profesional, produk dapat bersaing di pasaran, pemasaran produk dilakukan dengan market place atau media sosial serta mengedukasi masyarakat tentang manfaat Bumdes, 

Peserta kegiatan ini adalah 46 Direktur Bumdes. Turut dihadiri oleh Kepala Dinas PMD PA Toba Henri Silalahi, Rimbananto selaku penggiat Bumdes, dan tenaga pendamping profesional Kabupaten Toba. (JT)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama