Pemdes Tambunan Sunge Kebut Pembangunan Infrastruktur Irigasi Pertanian

MenaraToday.Com  - Toba :

Pemerintahan Desa (Pemdes) Tambunan Sunge di Kecamatan Balige Kabupaten Toba Provinsi Sumatra Utara, terus mengoptimalisasi capaian pembangunan infrastruktur irigasi pertanian.

Melalui program ketahanan pangan (pembangunan sarana pertanian) yang bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2023, desa ini mengucurkan anggaran sebesar Rp. 135 juta untuk membangun irigasi "burian papan" sepanjang 134 meter.

Kepala Desa Tambunan Sunge Danner Tambunan, Rabu (12/7/2023) mengungkapkan bahwa saluran irigasi ini merupakan saluran vital. 

"Yang berfungsi untuk menyuplai aliran air ke lahan sawah, sekaligus berfungsi menampung debit air dari pemukiman warga untuk mencegah banjir. Sejauh ini dari keseluruhan volume saluran irigasi  di desa ini, kini sudah mencapai 70 persen yang dibenahi", terang Danner. 

Pasca perbaikan dan pembangunan saluran irigasi ini, diyakini akan meningkatkan produktifitas pertanian dalam mewujudkan ketahanan pangan warga. 

"Selain pembangunan saluran irigasi pertanian, tahun ini DD juga dialokasikan untuk pembangunan tembok penahan tanah, pembangunan pagar PAUD serta pemberdayaan masyarakat lainnya", imbuh Danner. (JT)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama