Ribuan Warga Jatimulya Ramaikan Tradisi Sedekah Bumi

MenaraToday.Com - Indramayu :

Ribuan Warga Desa Jatimulya, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, menggelar sedekah bumi. Tradisi yang merupakan agenda rutin setiap tahun ini sebagai wujud syukur warga setelah usai musim panen, Sabtu (21/10/2023) 

Tradisi yang sudah berlangsung turun-temurun ini dihadiri ribuan warga yang tumpah ruah di lapangan Janggleng 

Pantauan dilapangan terlihat mulai dari orang tua, remaja dan anak-anak mengikuti kegiatan tradisi sedekah bumi. Dimana masig-masing keluarga membawa tumpeng yang berisi aneka macam sajian berupa nasi, lauk pauk, buah, kue kering, serta sejumlah makanan ringan.

"Sedekah bumi yang merupakan dari wujud rasa syukur warga Jatimulya, atas rejeki yang telah mereka terima dari hasil kerja keras selama ini, baik hasil panen yang melimpah, kesehatan dan keselamatan dan lain sebagainya, kami berharap bisa mempererat tali silaturohmi dan persaudaraan antar warga. Semoga warga semakin bersyukur serta diberi kesehatan, kelancaran dalam usaha, lancar dalam bekerja, dan lancar rejekinya,”Tutur , Kuwu Jatimulya, Rastim SH

Rastim juga mennambahkan kegiatan ini merupakan ketiga kalinya dalam sejarah desa yang dipimpinnya. 

"Dalam kegiatan ini diadakan karnaval. Semoga kegiatan ini bisa terus dilestarikan dan dapat diteruskan oleh generasi selanjutnya. Kami wajibkan kepada setiap Blok untuk mengikuti kegiatan dan membuat karya untuk bisa di tampilkan dalam ajang tersebut, baik Seni maupun budayanya dan Karnaval merupakan salah satu acara yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat dalam rangkaian Sedekah Bumi, Tahun 2023 ini. Antusias masyarakat patut di apresiasi oleh panitia khususnya Pemerintah Desa. Dengan kemeriahan yang sangat luar biasa, bisa dikatakan di luar prediksi, antusias warga dalam mengikuti kegiatan tersebut" Tambahnya. 

Kegiatan yang di ikuti oleh masyarakat tiap tiap blok, dapat menambah semaraknya kegiatan karnaval dan sedekah bumi tersebut. kegiatan yang dimulai pukul 7.00, pagi, start mulai dari lapangan Janggleng, pawai keliling desa menuju SW2 sebagai titik kumpul warga melakukan ritual sedekah bumi. 

"Diharap dari tahun ke tahun bisa lebih meriah supaya menjadi kegiatan rutin desa bisa lebih besar ke depannya" Ujar Rastim. 

Sementara itu Ely, Tokoh masyarakat setempat, menyambut baik karnaval tersebut karena  sangat menghibur dan membanggakan bagi warga. Semoga bisa berkelanjutan dan bisa menjadi agenda rutin sebagai destinasi wisata tahunan. 

Dalam acara tersebut hadir Forkopincam, Kecamatan Terisi, Kuwu Jatimulya beserta perangkatnya, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Lembaga Desa dan undangan lainnya. (Rakyat/Wailik) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama