Mahasiswa UNIVA Labuhanbatu KKN Ke Thailand

MenaraToday.Com - Labuhanbatu ;

Mahasiswa Universitas Al Washliyah (UNIVA) Labuhanbatu  melaksanakan KKN Internasional di Sekolah Jitjongruk School yang berada di Negara Tailand, Selasa (7/11/2023).

Universitas Al Washliyah (UNIVA ) Labuhanbatu yang dipimpin oleh Dr. Basyarul Ulya.SH.M.M memiliki program kerjasama dengan AECI Thailand (Assosiation Of Education Cultural International).

Program ini adalah KKN/PPL Internasional dimana seorang Mahasiswa Univa Labuhanbatu menjadi pengajar di sekolah yang berada di Krabi Thailand, tepatnya di sekolah Jitjongruk School  Selama Pengabdian mulai dari 05 November s/d 03 Desember.

Mahasiswa tersebut bernama Nur Fadilla (22)  lahir di Negeri Lama, Labuhanbatu. Mahasiswa Fakultas Agama Islam Bidang Studi Pendidikan Agama Islam,  seorang warga Dusun Puleh Rejo, Putri dari Muhammad Adi dan Rohayati, dimana sang ayah bekerja sebagai Petani dan sang ibu seorang Ibu Rumah Tangga.

President AECI Mr. Takeem Kundi mengucakan selamat datang kepada Mahasiswa yang akan menjadi pengajar di sekolah yang berada di Krabi Thailand, tepatnya di sekolah Jitjongruk School. 

Mr. Takeem Kundi berharap semoga Mahasiswa Indonesia betah tinggal di Thailand selama program Thailand International Teaching Assistance yang berlangsung selama kurun Waktu 30 Hari ke depan.

" Waktu 30 Hari sangat singkat, saya berharap selanjutnya waktu pelaksanaannya bisa ditambahkan',ucapnya saat pelaksanaan penerimaan Mahasiswa KKN, Senin (5/11/2023) kemarin. 

Saat dikonfirmasi, Rektor Univa Labuhanbatu mengatakan, Dari Rektorat Univa Labuhanbatu sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kepada Mahasiswa Program Study Pendidikan Agama Islam yang telah lolos Program KKN Kewirausahaan Internasional di Negara Thailand.

Dr. Basyarul Ulya, SH.M.M mengatakan Universitas Al Washliyah (UNIVA) Labuhanbatu memiliki banyak program yang telah terlaksana baik yang berskala Lokal, Nasional hingga Internasional. Diantara program yang telah terlaksana salah satunya Program Kewirausahaan Internasional dalam hal ini memberangkatkan salah satu Mahasiswa Univa Labuhanbatu ke Thailand dalam rangka Program KKN  Kewirausahaan Internasional.

Rektor Univa Labuhanbatu juga, berharap kepada mahasiswa yang diberangkatkan ke Internasional dalam program KKN Kewirausahaan Internasional yang dilaksanakan di Thailand untuk 1 (satu) Bulan ke depan tersebut nantinya dapat berdikari dan memberikan kontribusi yang Positive terhadap Universitas Al Washliyah (UNIVA) Labuhanbatu, serta menjadi contoh yang dapat diikuti oleh mahasiswi lainnya dalam rangka meningkatkan SDM baik ditingkat Nasional maupun Internasional.

"Saya berharap mahasiswa yang diberangkatkan Ke Thailand dalam program KKN Kewirausahaan Internasional nantinya dapat berdikari dan memberikan kontribusi yang Positive terhadap kemajuan Universitas Al Washliyah (UNIVA) Labuhanbatu"ucapnya.

Saat dikonfirmasi media, Nur Fadilla menyatakan tidak pernah menyangka bisa lolos KKN Internasional di Negara Thailand,

"Aku tidak pernah menyangka bisa terpilih untuk menjadi salah satu dari 12 pengajar Internasional dari Indonesia yang dikirim ke Negara Thailand" kata Nur Fadilla.

Lebih lanjut dikatakannya awal mula bisa lolos KKN ke Negara Thailand adalah dengan mahir berbahasa inggris. Adapun kemampuan berbahasa Inggrisnya didapati dari belajar secara otodidak dan mempunyai lebih dari 20 speaking partner dari berbagai negara.

“Seleksi KKN/PPL ke Krabi Thailand yang syaratnya sangat mudah, hanya membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris dan micro teaching, karena itu aku merasa tertarik dan langsung menghubungi Dosen ku yang menyebarkan informasi KKN/PPL Internasional tersebut” ucapnya.

Saat hadir di Kampus mengikuti seleksi wawancara bahasa inggris, para dosen dan penguji sangat approved dengan kemampuan berbahasa inggris Fadilla dan akhirnya diloloskan untuk KKN International.

"Tidak sia-sia aku belajar bahasa inggris secara otodidak selama ini. Aku pun langsung memberi tahu kedua orang tuaku untuk meminta izin dan segera melengkapi berkas yang diperlukan” ungkap Fadilla.

Ucapan terimakasih juga diucapkannya kepada Universitas Al Washliyah Labuhanbatu yang mengantarkannya menjadi mahasiswa pertama dari Univa Labuhanbatu untuk bisa mengabdi dan belajar di luar negeri lewat kampus Univa Labuhanbatu sebagai perwakilan praktik mengajar Internasional ke Thailand.

"Terimakasih Univa Labuhanbatu yang telah mengantarkan saya belajar ke Luar Negeri dan terimakasih Kepada pembimbing Dr.Juliani dan seluruh staff pengajar yang telah memberikan semangat dan dukungan,"tutupnya.

kabag Akademik Univa Labuhanbatu Nurhanna Harahap, M.Hum menjelaskan Kegiatannya disekolah Jitjongrruk School, Krabi selama 1 bulan (5 November - 3 Desember 2023) untuk Pengabdian kepada Masyarakat (dosen). Kegiatan di sekolah Eakkapap Sasanawa Islamic School bertemakan Pengenalan BIPA berdasarkan budaya Mandailing dengan tema Inovasi Bahasa Melayu Riau di Kabupaten Kampar.

Selaku pembimbing Dr. Juli Yani, M.Hum mengatakan mahasiswa yang melaksanakan KKN Ke Internasional ini dapat menjalankan tugasnya dengan baik serta mampu menyelesaikannya di waktu yang telah ditentukan.

Semoga program asistensi mengajar berjalan dengan lancar, dan tetap menjaga almamater dan nama baik Universitas Al Washliyah Labuhanbatu,tutupnya. (SDM)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama