Tak Ada Baleho APBDes, Penggunaan Dana Desa di Desa Dolok Sagala Tidak Transparan

Kantor Desa Dolok Sagala, Kecamatan Dolok Masihul tidak terlihat adanya papan informasi transparansi atau baleho APBDes.(Foto : Tim Menaratoday.com)

Menara today.com - Serdang Bedagai :

Tidak ada papan informasi transparansi atau baleho anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes), Pemerintah Desa Dolok Sagala, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), dinilai tidak transparan dalam pengelolaan dan penggunaan dana desa, Sabtu (18/11/2023).

Padahal seharusnya, Pemerintah Desa wajib memasang publikasi anggaran desa, baik dana desa maupun alokasi dana desa (DD dan ADD) yang bersumber dari anggaran pendapatan belanja negara dan anggaran pendapatan belanja daerah (APBN/APBD) melalui papan informasi anggaran pendapatan belanja desa (APBDes). 

Publikasi tersebut sebagai bentuk transparansi informasi publik terkait penggunaan anggaran desa yang notabene uang negara.

Tapi entah kenapa, di Desa Dolok Sagala, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Sergai, tidak terlihat adanya papan informasi atau baleho informasi penggunaan anggaran dana desa saat tim menaratoday.com ingin melakukan konfirmasi kepada Kepala Desa Dolok Sagala, Effendi di Kantor Desa Dolok Sagala, beberapa waktu lalu.

Sehingga masyarakat atau publik tidak mengetahui untuk apa-apa saja uang negara (DD dan ADD) digunakan di Desa Dolok Sagala, Kecamatan Dolok Masihul.

Untuk mengetahui besaran anggaran Desa Dolok Sagala serta pengelolaan dan penggunaannya diperuntukkan untuk apa-apa saja, dan mempertanyakan kenapa tidak ada terpampang baleho APBDes, menaratoday.com mencoba konfirmasi beberapa kali kepada Effendi selaku Kepala Desa melalui pesan WhatsApp (WA) tetapi pertanyaan wartawan soal dana desa belum dibalas.

Diduga Kepala Desa Dolok Sagala, Effendi  takut dikonfirmasi terkait pengelolaan dan penggunaan dana desa.

(Hingga berita ini ditulis, Effendi, Kepala Desa Dolok Sagala Kecamatan Dolok Masihul belum dapat dikonfirmasi soal dana desa).(Tim).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama