Di Idul Adha 1445 H, Masjid Al Mustaghfirin Labuan Bagikan 858 Kupon Daging

MenaraToday.Com - Pandeglang : 

 Warga di Kampung Panguseupan, Desa Labuan, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten, di moment idul adha 1445 H bersuka ria. Pasalnya, panitia penyembelihan hewan kurban Masjid Al Mustaghfirin bagikan 858 kupon daging hewan kurban.

Ketua Pelaksana Qurban Masjid Al Mustaghfirin, Oyok Yudhaningrat, mengatakan, bagi warga setiap momen idul adha merupakan hal yang membahagiakan, karena di hari raya ini ada kegiatan penyembelihan hewan kurban. Namun disayangkan, di tahun ini jumlah hewan kurban yang disembelih mengalami penurunan yang cukup signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Tahun ini panitia membagikan sebanyak 858 kupon daging hewan kurban dari 15 ekor hewan, yang terdiri dari 12 kerbau, 1 sapi dan 3 ekor kambing. Jumlah ini mengalami penurunan dari tahun lalu," kata Oyok. Selasa (18/6/2024).

Oyok menuturkan, kondisi ini disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya akibat ekonomi sulit seperti saat ini.

"Banyak penyebabnya, ekonomi sulit, dan kebetulan idul adha tahun ini berbarengan dengan tahun ajaran baru jadi banyak masyarakat yang selama satu tahun nabung untuk kurban akhirnya lebih memilih mengambil uangnya, karena banyaknya kebutuhan tadi mungkin," jelasnya.

Dari 858 kupon yang dibagikan, lanjut Oyok, dibagi dalam tiga kategori, yakni kupon peserta kurban, kupon warga dan kupon sosial.

"Dari keseluruhan kupon yang dibagikan kami bagi dalam 3 kriteria, kupon peserta, warga dan kupon sosial. Sementara untuk hewan kurban yang disembelih di tahun ini ada sebagian berasal dari peserta luar wilayah dan ada juga yang karena memang ditempatnya tidak mengadakan penyembelihan hewan kurban sehingga diikut sertakan ke sini," ungkapnya.

Oyok berharap, di momentum idul adha mendatang peserta hewan kurban bertambah. Sehingga jumlah hewan kurban yang disembelih semakin melimpah dan warga yang mendapatkan kupon daging kurban pun lebih banyak .

"Iya mudah-mudahan tahun depan banyak warga yang sadar diri ikut lagi qurban nya ke kami," pungkasnya. (Ila) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama