Diprediksi Masuk Dalam DOB 2 Kabupaten, 15 Kecamatan ini Bakal Hengkang dari Kabupaten Pandeglang

MenaraToday.Com - Pandeglang : 

Memiliki jumlah Kecamatan dan Desa/Kelurahan terbanyak menjadikan Kabupaten Pandeglang salah satu kabupaten paling luas di Provinsi Banten. Sehingga sempat muncul wacana pemekaran sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB). Diantaranya, Kabupaten Cibaliung dan Kabupaten Caringin.

Dilansir banten.inews.id, dalam kanal YouTube MhsGeo, Minggu (21/7/2024), Kabupaten Caringin diprediksi masuk dalam DOB yang dimekarkan dari Kabupaten Pandeglang. Terdapat sebanyak 7 Kecamatan yang akan bergabung dengan Kabupaten Caringin. 

Dengan bergabungnya 7 Kecamatan ke Kabupaten Caringin maka akan memiliki luas wilayah sekitar 313 km² dengan ibu kota Kabupaten nya berada di Labuan. Adapun jumlah penduduknya mencapai 287,198 jiwa per 23 Desember 2023.

Berikut 7 Kecamatan yang akan hengkang dari Kabupaten Pandeglang dan akan bergabung dengan Kabupaten Caringin, yakni Kecamatan Labuan Carita, Jiput, Sukaresmi, Patia, Pagelaran dan Cikedal.

Sementara itu, dalam DOB Kabupaten Cibaliung terdapat 8 Kecamatan yang akan tergabung, diantaranya Kecamatan Panimbang, Sobang, Cigeulis, Cibaliung, Sumur, Cikeusik, Cimanggu, Cibitung. Pusat Ibu Kota Kabupaten di Cibaliung.

Tercatat, Kabupaten Cibaliung memiliki luas 1.671 Km², dengan jumlah penduduk mencapai 328.957 jiwa per 31 Desember 2023. (Ila)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama