Dugaan Pemalsuan Dokumen, Kades Pasar Baru Sergai Diberhentikan Sementara

Gambar ilustrasi Kepala Desa 

Menaratoday.com - Serdang Bedagai :

Kepala Desa Pasar Baru, SI alias Rudi Armada (40), diberhentikan sementara setelah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Lapas Kelas IIB Tebing Tinggi.

Keputusan ini tercantum dalam SK Plt. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Nomor 18.18/410/908/2021 yang dikeluarkan pada 8 Juli 2024. 

Camat Teluk Mengkudu, Rizki Abdullah Nasution, mengonfirmasi bahwa surat pemberhentian sementara telah diterima.

"Sudah diterima bang," ujarnya singkat saat dikonfirmasi Sumaterapost.co, Selasa (16/7) sekitar pukul 11:06 WIB.

SI ditahan terkait dugaan pelanggaran Pasal 263 ayat (1) Jo Pasal 55 ayat (1) atau Pasal 263 ayat (2) Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, dengan ancaman hukuman penjara maksimal enam tahun. 

Usulan pemberhentian sementara SI diajukan oleh Camat Teluk Mengkudu melalui surat nomor 18.48/887/261/2024 pada 3 Juli 2024.

Berkenan dengan hal tersebut, bersama ini disampaikan Keputusan Bupati Serdang Bedagai Nomor 402/18.18/Tahun 2024 tentang Pemberhentian Sementara Kepala Desa Pasar Baru Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Serdang Bedagai, untuk dapat ditindaklanjuti dan dipedomani sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dalam surat keputusan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Serdang Bedagai, Fajar Simbolon, M.Si, memerintahkan Camat Teluk Mengkudu untuk menindaklanjuti pemberhentian sementara ini sesuai surat keputusan Bupati dan ketentuan yang berlaku. Tembusan surat keputusan ini juga dikirimkan kepada Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai sebagai laporan.

Pemberhentian sementara ini bertujuan menjaga integritas pemerintahan Desa Pasar Baru dan memberi ruang bagi proses hukum yang sedang berlangsung. Proses hukum terhadap SI masih berjalan, dan keputusan lebih lanjut akan mengikuti perkembangan kasus tersebut.(Irlan)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama