Koperasi KPN Silou Kahean Simalungun Diduga Persulit Anggota Ambil Uang Simpanan

Gambar ilustrasi : Dikutip dari (ANTARA/Grafis)

Menaratoday.com - Simalungun :

Koperasi Pegawai Negeri Republik Indonesia (KPN RI) Kecamatan Silou Kahean, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, diduga sengaja mempersulit anggota untuk menarik (mengambil ) uang simpanan yang merupakan hak anggota.

Sulitnya untuk menarik uang simpanannya sendiri dialami oleh anggota bernama Nursiah br Purba yang mengajar di sekolah SDN no 091724 Kecamatan Silou Dunia.

Nursiah br Purba kepada awak media, Rabu (24/07/2024) di kediamannya menjelaskan bahwa dirinya dan para guru PNS lainnya selalu rutin menyimpan uangnya setiap bulan ke koperasi KPN silou kahean yang diberikan melalui kepala sekolahnya masing-masing.

Dijelaskannya lebih lanjut,selama dirinya menyimpan uangnya ke koperasi KPN, dirinya tidak pernah meminjam uang ke koperasi tersebut.

berdasarkan RAT 2014(rapat akhir tahun)2014, uangnya telah tersimpan sejumlah sekitar Rp 13 juta, kemudian ditambahkan pada tahun 2015 hingga 2016 uangnya bertambah menjadi sekitar Rp 16 juta untuk itu dirinya akan menarik serta akan mengambil uang simpanannya tersebut

Namun sayangnya, pihak koperasi KPN silou kahean seolah yang diketuai oleh marsinarson Damanik, sekretaris misran sipayung dan bendahara belman Saragih diduga mempersulit dan hingga kini juga tidak memberikan uang simpanan ibu Nursiah br Purba tersebut

"Saya menyimpan uang ke koperasi KPN sudah sejak lama,kami menyimpan selama ini melalui kepala sekolah sebesar Rp 100.000/bulan, berdasarkan RAT 2014 uang saya berjumlah sekitar Rp 13 juta, kemudian ditambah tahun 2015 hingga 2016 uang saya ada sekitar Rp 16 juta.saya tidak pernah meminjam uang di KPN, jadi ya, saya mau tarik uang saya, itu kan uang saya," ungkapnya

Berdasarkan ungkapan br Purba tersebut,dihari yang sama awak media menara today.com.mengkonfirmasi kepada Johannes Sinaga selaku kepala sekolah SDN 091724 silou dunia dikediamannya 

Saat dikonfirmasi Johannes Sinaga mengatakan agar awak media menanyakan perihal ini kepada korwil cam pendidikan silou kahean.

"Saya juga anggota tanya kan saja ke korwil sebab dia kan orang tua kami, bagaimana nanti solusinya," ucapnya.

Kemudian wartawan mengkonfirmasi kepada Jhon Fredy purba selaku korwilcam pendidikan silou kahean via telepon.

"Waktu itu saya juga belum korwil, lebih baik tanyakan saja ke atas saja, kepengurusnya saja langsung "katanya

Berdasarkan ucapan korwilcam tersebut, wartawan juga mengkonfirmasi marsinarson Damanik selaku ketua yang menggantikan jagamada sinaga karena meninggal dunia.

"Saya juga tidak tahu, pada saat itu saya menjadi wakil ketua, tidak ada difungsikan apapun, tapi karena ketua meninggal dunia jadi secara otomatis saya menjadi ketua.kalau  saya setuju kalau Ini diungkap "ujarnya dikediamannya di nagori nagori dolok, Jum'at (26/07/2024).

Senada dengan ketua, sekretaris koperasi KPN silou kahean misran sipayung yang juga dikonfirmasi dikediamannya juga mengatakan bahwa dirinya juga pada saat koperasi masih aktif tidak pernah dilibatkan.

Sementara itu, belman Saragih selaku bendahara saat dikunjungi dikediamannya tidak berada di kediamannya karena sedang ada acara pesta.

"Bapak lagi ketempat pesta bang"ujar seorang lelaki yang diduga anaknya.

Untuk diketahui, koperasi pegawai negeri Republik Indonesia kecamatan silou kahean ini beranggotakan ASN yang berdinas di kecamatan silou kahean.namun mayoritas anggotanya adalah ASN yang berdinas sebagai guru atau dinas pendidikan Simalungun.(Habibi Purba).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama