Sambut Tahun Baru Islam 1446 Hijriyah Ratusan Warga Kecamatan Labuan Pawai Obor

MenaraToday.Com - Pandeglang :

Ratusan warga di Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten, tumplek turun ke jalan kumandangkan  shalawat saat pawai obor dalam rangka  memeriahkan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah. Sabtu (6/7/2024) malam.

Oyok Yudhaningrat, Ketua Forum Rukun Warga (RW) Desa Labuan, mengatakan, pawai obor diiringi dengan lantunan shalawat ini sudah menjadi agenda rutin tahunan di Kecamatan Labuan setiap kali menyambut pergantian tahun baru hijriyah.

"Sholawat dan pujian kepada Allah SWT Yang dilantunkan saat pawai obor 1 muharam ini juga menunjukan rasa syukur menyambut tahun baru islam atau tahun baru 1446 hijriah," ungkap Oyok.

Mewakili Forum RW, Oyok menyampaikan, kegiatan pawai obor di 1 Muharram sudah menjadi tradisi dan ajang mempererat tali silaturahmi.

"Selain itu, kegiatan di labuan tentang pawai obor yang mengelilingi wilayah kecamatan Labuan kerap dijadikan ajang menjalin silahturahmi setiap tahun," ujarnya.

Oyok bersyukur, kegiatan pawai obor berjalan dengan lancar dan terkendali meski ditengah kondisi cuaca yang tak menentu.

"Alhamdulillah kegiatan pawai obor mengelilingi kota labuan terlaksana dengan aman dan terkendali, bahkan kita dikawal juga oleh pihak kepolisian dari Polsek Labuan.  Harapannya mudah-mudahan pahala kita selama satu tahun diterima oleh Allah SWT," ucapnya.

Sementara itu, Andar Kusnandar, pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Labuan mengapreasi kegiatan pawai obor yang dimeriahkan oleh warga Labuan. Menurutnya, pawai obor merupakan tradisi unik yang dimiliki oleh Kecamatan Labuan.

"Pawai obor ini adalah tradisi yang khas bagi kami selaku warga, hikmahnya kita bisa bersilaturahmi bersama, bersholawat bersama, ini untuk menunjukkan rasa syukur bersama bukan hura-hura. Alhamdulillah, antusias warga tidak padam selalu menyala juga," pungkasnya. (Ila)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama