Dharmayatra PHDI Provinsi Banten Kunjungi Situs Arca Ganesha di Gunung Raksa Taman Nasional Ujung Kulon

MenaraToday.Com - Pandeglang : 

Balai Taman Nasional Ujung Kulon (Btnuk) bersama Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Banten melaksanakan Ritual Dharmayatra ke Situs Arca Ganesha di Gunung Raksa Pulau Panaitan, pada Sabtu (17/8/2024).

Kepala Balai taman nasional ujung kulon (TNUK) Ardi Andono, S.TP., M.Sc mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk merawat dan menjaga Situs Arca Ganesha secara Spriritual disamping merupakan upaya pengembangan wisata Reiligi dan Budaya di Pulau Panaitan.

"Ritual Dharmayatra dipimpin oleh Ida Pandita Dharma Putra  Paseban dan Istri diikuti oleh Ketua PHDI Provinsi Banten Ida Bagus Alit Wiratmaja, SH., MH dan Istri, Ketua Umum Pinandhita Sanggraha Nusantara (PSN) Pusat, Jro Mangku Gede Pastika, Ketua PHDI Kota Tangerang, I Gusti Made Artha, Ketua Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Prov. Banten Ibu Endang SR, Wakil Ketua Srati Banten Indonesia (SBI) Pusat Ibu Switri, Wakil Ketua Bid Adat PHDI Banten Nengah Arsa, Ketua Banjar Ciledug, I Made Sumartana , Tokoh Umat Hindu Provinsi,  Pecalang dan Umat Hindu lainnya berjumlah 15 orang, didampingi oleh Kepala Seksi PTN Wilayah 3 Sumur I Made Artawan, S.Hut., MS. dan Kepala Resort Legon Kadam Rudin Suhendar serta personil dari Seksi PTN Wilayah 1 Panaitan," kata Kepala BTNUK Ardi Andono, S.TP., M.Sc. Senin (19/8/2024).

Ardi menuturkan, Balai Taman Nasional Ujung Kulon akan terus melakukan upaya perlindungan dan pelestarian ekosistem tidak hanya dengan kegiatan yang berhubungan dengan fisik alam atau aset bangsa semata.

"Namun juga diperlukan melalui upaya spiritual dan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yang merupakan program pagar budaya dan pagar sosial TNUK salah satunya seperti yang dilakukan oleh para pandita ini," tuturnya.

Sementara itu, Pada kesempatan tersebut, Ida Pandita Dharma Putra Paseban berpesan, bahwa laut dan hutan harus dijaga Kesuciannya karena Laut, hutan dan alam semesta memberikan semua kebutuhan manusia.

"Dan kita sebagai manusia tidak boleh berperilaku merusak, hal itu merupakan kewajiban kita semua sebagai Warga NKRI," ucap Ida Pandita Dharma Putra  Paseban.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PHDI Provinsi Banten Ida Bagus Alit Wiratmaja, SH., MH. menyampaikan Terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Balai TNUK beserta jajaran.

"Kami ucapkan terima kasih atas kesempatan berharga ini sehingga kami dapat menjalani Dharmayatra dengan lancar dan sangat menyenangkan, Semoga Situs Arca Ganesha menjadi obyek kunjungan spiritual secara rutin," ujarnya. (Ila)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama