Kesulitan Air Bersih, Warga Mekarsari Terpaksa Gunakan Air Keruh

MenaraToday.Com - Pandeglang : 

Warga kampung huntap RT/RW. 03/09, Desa Mekar Sari, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten, terpaksa menggunakan air keruh yang diambil dari air sumur galian. Kondisi ini terjadi akibat sulitnya air bersih dilingkungan tersebut.

Salah satu warga, Titin, mengaku, kondisi tersebut sudah terjadi sejak beberapa minggu terakhir, hal ini akibat sulitnya air bersih yang diperoleh warga. 

"Penduduk hunian huntap di perkirakan Kurang-lebih 100 kepala rumah tangga sementara jumlah penduduk sekitar 200 orang ini sudah sejak beberapa minggu kesulitan air bersih," kata Titin. Sabtu (17/8/2024).

Akibatnya, sambung Titin, warga mengambil air keruh dari air sumur galian yang ada didekat huntap. 

"Seadanya saja, kami terpaksa gunakan air keruh yang diambil dari sumur galia dekat rumah," ujarnya.

Titin berharap, kepada pemerintah agar segera  memberi bantuan berupa air bersih yang layak untuk digunakan. 

"Dengan ada nya kerisis air bersih maka kami selaku warga kabupaten Pandeglang Provinsi Banten meminta ke Pemerintah untuk di bantu air bersih," tandasnya.

Menyikapi hal tersebut, tenaga kesejahteraan sosial Kecamatan (TKSK) Panimbang Rusyandhi, menuturkan bahwa pihaknya sudah menyampaikan keluhan warga kepada pihak desa dan juga Kecamatan untuk segera ditindak lanjuti.

"Saya sudah kordinasi ke relawan Desa dn pihak kecamatan, insya Allah segera dibuatkan surat permohonan untuk bantuan air bersih ke badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) dan juga dinas sosial (Dinsos)," jelasnya.

Rusyandhi juga mengucapkan terima kasih atas informasi tersebut.

"Saya ucapkan terima kasih karena sudah menyampaikan hal tersebut, insya allah akan segera kami tindak lanjuti," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Mekarsari, Junaedi menambahkan, bahwa sulitnya air bersih sudah menjadi rutinitas tahunan setiap kali musim kemarau tiba.

"Sebetulnya kesulitan air bersih ini bukan baru kali ini terjadi sudah setiap tahun pasti seperti itu jika musim kemarau tiba," terangnya.

Junaedi mengungkap, kesulitan air bersih bukan hanya dirasakan oleh warga di Kampung Huntap saja melainkan dirasakan juga oleh hampir seluruh warga Desa Mekarsari.

"Bukan hanya warga Huntap, tapi kekeringan dan sulitnya air bersih juga turut dirasakan oleh semua warga Desa Mekarsari, Insya Allah kami dan pihak kecamatan sudah membuat surat permohonan bantuan ke dinas dan OPD terkait, mungkin hari senin kami kirim suratnya karena hari ini libur dinasnya," pungkasnya. (Ila)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama