Pj. Bupati Tebo Launching PKMB/SKB Di Lapas Kelas IIB Muara Tebo

MenaraToday.Com - Tebo :

Untuk mendukung mendukung program Kementerian, Lapas Kelas IIB Muara Tebo sebagai satuan kerja Kementerian Hukum dan HAM siap mewujudkan cita-cita negara dalam bidang pendidikan.

"Adapun salah satunya dengan melaksanakan kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo, yaitu dengan menggelar Launching Program Pendidikan Kesetaraan Paket B dan C yang secara langsung diresmikan oleh Penjabat Bupati Tebo, Varial Adhi Putra. Kamis (8/8/2024).

Dalam penggelaran tersebut hadir langsung Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jambi (M. Adnan), Kepala Divisi Administrasi (Kortini JM Sihotang), Kepala Divisi Keimigrasian (Tompatar Hasianto) dan Unsur Forkompimda Kabupaten Tebo serta para tamu undangan.

"Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tebo, Ade Nofriza memaparkan data capaian indeks pembangunan manusia di Kabupaten Tebo yang masih sangat rendah dan menempati peringkat ke 8 dari 11 Kabupaten di Provinsi Jambi.

"Atas dasar tersebut jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tebo melakukan terobosan inovasi dengan membuka kegiatan belajar di dalam Lapas Tebo. Atas dasar capaian indeks pembangunan manusia yang kurang maksimal Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melakukan upaya-upaya dan berinovasi untuk meningkatkan capaian tersebut salah satunya dengan membuka kegiatan belajar bagi warga binaan Lapas Tebo," Ucap Kadis Pendidikan dan Kebudayaan.

"Kalapas Tebo, Refin Tua Simanullang dalam sambutannya mengatakan, memberikan pendidikan bagi warga binaan ini merupakan cita-cita nya sejak masih menjabat sebagai kasi binadik dan baru terlaksana di Lapas Tebo ini.

“saya merasa sangat senang dan antusias karena ini cita-cita saya dari dulu sewaktu masih menjabat sebagai kasi binadik di lapas lain dan baru tercapai sekarang berkat kerjasama yang baik antara Lapas dan Dinas Pendidikan,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia berharap kepada warga binaan untuk dapat mengikuti program ini dengan baik dan sungguh karena program ini sangat bermanfaat bagi warga binaan setelah selesai menjalani masa pidana di dalam Lapas.

“Kepada warga binaan ikuti kegiatan ini dengan baik karena kesempatan ini cuma datang satu kali dan sangat sulit untuk mendapatkannya dan ini juga akan menjadi bekal untuk kembali ke masyarakat,” tutup Kalapas.

Selanjutnya Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jambi, M. Adnan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas dukungan pemerintah Kabupaten Tebo atas terselenggaranya kegiatan SKB di Lapas Tebo.

"Saya sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Tebo atas dukungannya dalam pelaksanaan kegiatan SKB di Lapas Tebo," Ucap Kakanwil.

Dalam kesempatan yang sama Penjabat Bupati Tebo, Varial Adhi Putra menyampaikan pendidikan itu tidak terbatas waktu dan tempat dan pada kesempatan kali inovasi yang di buat sangat baik, memberikan kegiatan belajar bagi warga binaan di Lapas Tebo dan manfaatkan kesempatan ini dengan baik.

“Soal pendidikan memang tidak mengenal waktu dan tempat inovasi yang dibuat ini sangat baik dan untuk warga binaan manfaatkan kesempatan ini dengan baik, Ucap Pj. Bupati Tebo.

Dalam acara tersebut, dilakukan pula penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Tebo dengan Lapas Kelas IIB Muara Tebo.

Kesepakatan ini bertujuan untuk memperkuat sinergi dalam penyelenggaraan program pendidikan di lingkungan lapas, guna mendukung proses rehabilitasi dan reintegrasi sosial warga binaan. Kegiatan diakhiri dengan pemukulan gong oleh Pj. Bupati Tebo sebagai tanda launching kegiatan belajar di Lapas Tebo dan pelepasan balon udara oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jambi.(Mucin)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama