Warga Girsang Dihebohkan Penemuan Granat Jenis MK07 Di Depan Rumah

Keterangan Gambar : Granat Jenis MK07 yang ditemukan warga. (Foto : K71)

MenaraToday.Com - Simalungun : 

Sejumlah masyarakat Dusun Sosor III Kelurahan Girsang Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara digegerkan dengan penemuan benda berupa granat 

Tim Gegana Jibom Brimob Polda Sumut langsung mendatangi lokasi penemuan bahan peledak tersebut untuk melakukan evakuasi granat ke Mako Brimob Kota Pematangsiantar. 

Bahan peledak itu di temukan di depan rumah  seorang warga Sudianto Sinaga(59) Kamis (8/8/2024) sekitar pukul 17.OO Wib. Selanjutnya melaporkan temuan benda ke Polsek Parapat. 

Tidak beberapa lama kemudian, personil Polsek Parapat yang dipimpin langsung Kapolsek Iptu Rino Heriyanto S Tr K, S.I.K didampingi Kanit Reskrim Iptu Loloria Panjaitan, Aipda Bambang dan Aipda Adi Saputra  turun ke lokasi bersama anggota Koramil 11 Parapat, untuk melakukan pengamanan TKP. 

Kapolsek Parapat Iptu Rino Heriyanto STr K SIK menjelaskan, bahwa  temuan granat di depan pemukiman seorang warga di Dusun Sosor 3 telah dilaporkan ke Team Komposit Jibom Gegana Brimob. 

" Pihak kita langsung memangil  Team komposit Jibom Polda Sumut, Untuk menindaklanjuti Sterilisasi benda granat tersebut. Sehingga bisa nyaman dan kondusif,  saat di lokasi masyarakat sekitar kita berikan himbauan supaya sterilisasi dan menjaga jarak aman," kata Kapolsek. 

Sementara, Kepala Team Komposit Gegana Brimob  Aiptu Bambang  Sudirmanto menjelaskan, bahwa benda granat  yang ditemukan di depan rumah warga kondisinya masih aktif. 

" Yang kita lihat dari struktur granatnya masih aktif, dan akan di evakuasi ke Mako Brimob Siantar, selanjutnya akan Disposal (diledakkan) esok sesuai SOP, karena Disposal tidak boleh dilakukan pada malam hari, " ucapnya, 

Aiptu Bambang juga menghimbau masyarakat bila menemukan bahan peledak  segera laporkan ke Polsek setempat untuk penanganan utamanya, menunggu kedatangan kami.

Pantauan di lapangan,  puluhan warga dan beberapa personil kepolisian siaga mengamankan TKP.  Bahan peledak tersebut ditemukan di depan rumah warga dekat tumpukan batu. 

Sedangkan Ukuran benda granat nenas (MK07) dengan panjang 9,5 cm, diameter 6 Cm, dan  sudah  berkarat.

Disela-sela evakuasi, Team Jibom Gegana  terlebih dahulu menjauhkan masyarakat dari lokasi bahan peledak. Lalu benda granat   di bungkus dengan Bom Blanket 

Sebelum meninggalkan lokasi, tim Gegana melakukan pemeriksaan dengan mengunakan mine detektor.  Dengan tujuan memastikan bahwa di lokasi tidak adalagi bahan peledak lainnya. Dan proses evakuasi pun berjalan dengan aman. (K71)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama