Wow, Ada Pesta Rakyat dan Expo Prodak Lokal di Penutupan KKN UNMA Banten 2024

MenaraToday.Com - Pandeglang :

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mathlaul Anwar (UNMA) Banten 2024 resmi ditutup dengan meriah di Gedung Serba Guna (GSG) UNMA, Cikaliung, Kecamatan Menes, Pandeglang, Banten. Kamis (29/8/2024. Acara penutupan ini menjadi puncak dari serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa selama satu bulan terakhir.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNMA, Dr. Nenden Suciyati Sartika, M.Pd, membuka acara dengan ucapan syukur atas suksesnya program KKN tahun ini. 

"Alhamdulillah, selama satu bulan terakhir, para mahasiswa telah mengabdikan diri di berbagai desa, mengaplikasikan ilmu mereka dalam berbagai proyek pengabdian masyarakat," kata Nenden.

Ia menyampaikan, bahwa acara penutupan ini bukan hanya sekadar akhir dari kegiatan KKN, tetapi juga sebagai penghargaan bagi setiap kelompok yang terlibat. 

"Kami mengadakan lokakarya dan bazar untuk memamerkan hasil karya mahasiswa selama pengabdian di desa. Ini adalah bentuk apresiasi dan pengakuan terhadap upaya mereka," ujarnya.

Nenden juga menekankan, bahwa penutupan KKN kali ini lebih meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. 

"Kami mengemas acara dengan konsep yang lebih dinamis dan semarak, menampilkan berbagai hasil kerja mahasiswa melalui bazar dan lokakarya yang digelar serentak," jelasnya.

Nenden menyampaikan, harapannya agar ilmu dan usaha yang telah diberikan oleh mahasiswa selama KKN dapat memberikan manfaat bagi masyarakat desa yang mereka layani. 

"Saya berharap ilmu, usaha, dan jerih payah kalian dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Semoga tahun depan kita bisa berkumpul lagi di lokasi yang sama, namun dengan seragam yang berbeda, yaitu toga wisuda," ujarnya .

Selain lokakarya dan bazar, acara penutupan juga ditutup dengan inagurasi dan pemutaran film dokumenter dari masing-masing kelompok KKN. Tahun ini, KKN UNMA Banten berfokus pada digitalisasi potensi desa. 

Tak hanya itu, Mahasiswa juga membantu membuat website desa untuk mempublikasikan potensi daerah kepada masyarakat luas. Dalam expo yang berlangsung meriah ini menampilkan puluhan produk inovatif hasil kolaborasi mahasiswa dengan masyarakat setempat.

Lokakarya diakhiri dengan pemberian penghargaan untuk berbagai kategori, termasuk:

1. DPL Terbaik

2. Kelompok Terproduktif

3. Program Kerja Terbaik

4. Film Dokumenter Terbaik

5. Film Dokumenter Terfavorit

6. Booth Terkreatif

7. Penjualan Terbanyak, dan

8. Produk Terbaik. (Ila)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama