Ace Hasan Saadzily Santri Asal Pandeglang Di Lantik Gubernur Lemhanas RI

MenaraToday.Com - Pandeglang : 

Bernama lengkap Tb. Ace Hasan Saadzily, politikus Partai Golkar sekaligus seorang santri asal Pandeglang yang baru saja dilantik sebagai Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Republik Indonesia tepat di Hari Santri Nasional, Selasa (22/10/2024). Ace lahir di Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten, pada 19 September 1976.

Dilansir dari berbagai sumber, perjalanan politik anak dari pasangan KH. Tb. A Rafei Ali dan Hj. Siti Sutihat ini terinspirasi oleh sang ayah yang juga merupakan seorang politikus kader partai Golkar. 

Diketahui, KH. Tb. A Rafei Ali, terlibat secara aktif dalam kepengurusan DPC Partai Golkar Kabupaten Pandeglang, bahkan tercatat sebagai anggota DPRD Pandeglang selama empat periode.

Ace Hasan Saadzily tumbuh dilingkungan Pondok Pesantren Annizomiyyah milik sang ayah, yang berada di Kampung Jaha, Desa Sukamaju, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten, yang masih eksis hingga kini ini menjadikannya sosok yang kuat secara agamis.

Diketahui pada tahun 1994, Ace Hasan Saadzily menempuh pendidikan strata satu di Universitas Islam Negeri (UIN) Ciputat, di tahun 2010 Ace Hasan melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Indonesia (UI), kemudian meraih gelar S3 di tahun 2014 di Universitas Pandjadjaran (Unpad) Bandung, Jawa Barat.

Karier politiknya dimulai ketika dia menjadi aktivis Partai Golkar. Kala itu Ace Hasan Saadzily terlibat aktif sebagai Anggota Pokja Hubungan Luar Negeri di bawah koordinasi Ketua bidang Hubungan Luar Negeri, Agus Gumiwang Kartasasmita.

Di pemerintahan, Ace pernah bekerja sebagai Staf Khusus Anggota Dewan Pertimbangan Presiden bidang Pembangunan dan Otonomi Daerah, Profesor Ginandjar Kartasasmita, era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono. 

Pada 2013, Ace Hasan Saadzily sempat menjadi anggota DPR RI pengganti antar waktu (PAW). Saat itu, Ace duduk sebagai Anggota Komisi VIII yang membidangi Agama dan Sosial. Kemudian pada 2016, Ace kembali masuk sebagai Anggota DPR/MPR RI Fraksi Partai Golkar menggantikan Andika Hazrumi yang terpilih menjadi Wakil Gubernur Banten.

Disamping kesibukannya di dunia politik, Ace Hasan Saadzily juga sempat menjadi dosen di sejumlah universitas. Dia pernah menjadi Asisten profesor di Universitas Waseda, Jepang. Tak hanya itu, Ace juga tercatat sebagai dosen di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa untuk program pasca sarjana pada 2014-2018. 

"Saya ditugaskan oleh Bapak Presiden Prabowo Subianto untuk menjadi Gubernur Lemhanas RI yang tugas dan fungsinya atas tiga hal. Pertama, melakukan pendidikan bagi calon-calon pemimpin nasional baik ASN, TNI maupun Polri. Kedua, memberi masukan dan menjadi lembaga think tank bagi Presiden Republik Indonesia dalam memberikan satu masukan kepada Bapak Presiden terkait dengan isu-isu internasional, regional dan juga nasional, yang ketiga, melakukan sosialisasi atau pemantapan nilai-nilai kebangsaan," demikian dikatakan Ace Hasan Saadzily kepada tim menaratoday.com via pesan whatsapp. Rabu (23/10/2024).

Ace meminta do'a kepada seluruh masyarakat, agar dirinya diberikan kemampuan untuk menjalankan amanah tersebut.

"Saya meminta do'a kepada seluruh masyarakat  agar dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya," pungkasnya. (Ila)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama