Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Ini Pesan Kalapas Pematangsiantar

MenaraToday.Com - Pematangsiantar : 

Hari Kesaktian Pancasila adalah hari nasional Indonesia yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 153 Tahun 1967. Kesaktian Pancasila merupakan momen bersejarah dimana Pancasila sebagai ideologi negara  juga merupakan simbol ketahanan dan persatuan bangsa Indonesia. Hari Kesaktian Pancasila ini diperingati untuk mengenang Pahlawan Revolusi yang menjadi korban peristiwa Gerakan 30 September 1965

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kepala Lapas Pematang Siantar Kanwil Kemenkumham Sumut, Sukarno Ali pimpin upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2024 yang berlangsung di Lapangan Upacara Lapas Pematang, Selasa (1/10/2024).

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober Tahun 2024 mengusung tema "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas." Yang mana tema ini sejalan dengan visi Bangsa Indonesia yang ingin mewujudkan Indonesia Emas 2045 dengan menjadikan Pancasila sebagai landasannya.

Dalam amanatnya Ali menyampaikan bahwa Peringatan Hari Kesaktian Pancasila perlu kita jadikan sebagai momentum untuk merefleksikan sejarah dalam mewujudkan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh di masa kini dan bangsa yang maju di masa yang akan datang. "Hari Kesaktian Pancasila ini merupakan momentum kita dalam menghadapi tantangan menuju Indonesia Emas 2024 yang mana semua harus sejalan dengan nilai-nilai luhur Pancasila" tegas Ali.

Upacara ini diisi dengan pembacaan ikrar kesetiaan terhadap Pancasila serta doa bersama untuk para pahlawan bangsa yang telah berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia. (R1)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama