RSUD Labuan Diduga Abaikan AMDAL, Ini Tanggapan Warga

MenaraToday.Com - Pandeglang

Diduga abaikan soal Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) pada RSUD Labuan, yang berada di Desa Labuan, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten, Plt Direktur RSUD Labuan mengatakan bahwa RSUD tidak perlu memakai AMDAL. 

"Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor 4 Tahun 2021 tentang daftar usaha dan atau kegiatan yang wajib memiliki analisis mengenai dampak, mengenai lingkungan hidup, upaya pengelolaan lingkungan hidup dan upaya pemantauan lingkungan hidup, atau surat pernyataan kesanggupan pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup, itu sudah ada dan sudah ditempuh," demikian dikatakan Plt Direktur RSUD Labuan, Dr. Wahyutomo, MARS. Rabu (16/10/2024).

Selaku Plt. Direktur, Wahyutomo juga menyebutkan luas RSUD Labuan dan sudah ada izin UKL-UPL yang dikeluarkan oleh DLHK Pandeglang.

"Untuk dibawah 5 hektare tidak memakai amdal melainkan memakai Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UKL-UPL). Berdasarkan data, RSUD Labuan masuk kedalam wajib memiliki UKL-UPL dengan luas lahan yang ada yaitu 6545 M2 dan luas bangunan gedung didalamnya yaitu 5000 M2, jadi penekannya bahwa Kewajiban RSUD Labuan ada izin UKL-UPL dan izin ini sudah keluar dari DLHK Kabupaten Pandeglang, dan adapun SK persetujuan kesanggupan pengelolaan lingkungan hidup dari kabupaten Pandeglang itu sudah selesai dan sudah disetujui pada tahun 2023," ungkapnya.

Amir, salah seorang warga, mengatakan, terkait AMDAL atau apapun itu pastinya Pemprov Banten sudah pasti menempuh hal-hal yang dibutuhkan untuk kelancaran beroperasinya RSUD Labuan.

"Kalau mengenai izin saya kira pemprov dalam hal ini Dinkes Banten sudah pasti menempuh, mengenai isu AMDAL ya patut kita maklumi karena masyarakat tahunya AMDAL dan AMDAL saja, tapi setelah dijelaskan bahwa itu adalah UKL-UPL dan sudah dikeluarkan DLHK Pandeglang berarti sudah jelas, tinggal kita dukung agar segera beroperasi saja," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Labuan, Dedi Supriadi berharap, agar RSUD Labuan segera beroperasi karena manfaatnya jelas langsung bisa dirasakan oleh masyarakat.

"Untuk itu mari kita dukung agar segala pembangunan sarana dan prasarana di RSUD Labuan yang sedang dilakukan segera selesai dengan baik mengenai percepatan pembangunannya, dan mari kita saling jaga kondisifitas," pungkasnya. (Ila)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama