Taman Bacaan Masyarakat Asahan Gelar Read Aloud

MenaraToday.Gom - Asahan : 

Read aloud merupakan  aktivitas membaca nyaring, yaitu membaca teks dengan suara keras sehingga bisa didengar oleh orang lain.

Taman Bacaan Masysrakat Pelangi Ceria yang beralamatkan di Jln.Pjka Dusun 5 Desa Danau Sijabut Kecamatan Air Batu Kabupaten Asahan.

Kegiatan ini di rangkai Pelatihan Membaca Nyaring (Read Alaod) untuk Generasi Muda Tahun 2024 yang mana mengambil Thema: "Manfaat Membaca Nyaring untuk tumbuh kembang dan daya fikir kritis anak." Kata Anwari.

Manfaat Read Aloud kata Anwari Siregar selaku penyelenggara bertujuan  antara lain dapat membangun keterampilan literasi  melalui pengenalan bunyi, intonasi, kemampuan mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Read Aloud juga membantu anak menambah kosa kata, terutama kosa kata bahasa buku yang dipergunakan untuk membaca. Kedekatan orang tua dengan anak juga bisa dicapai karena anak terbiasa dengan suara orang tua dan terdapat ‘skin to skin contact’ ketika membacakan cerita, serta terdapat juga kedekatan dengan buku. Orang tua yang membacakan cerita kepada anak juga langsung menjadi contoh membaca bagi anaknya (reading role model).

Kegiatan ini dihadiri oleh  Camat , Kecamatan Air Batu yang diwakilkan kepada Bapak Asrori selaku Kasi Kesra, Pemerintahan Desa Danau Sijabut, Kepala MIS Al-Husna yaitu Bapak Abdul Hamid Hasibuan, S.Pd.I, Kepala SD Negeri 014667 Sijabut Gardu yang diwakilkan kepada Saudara Riva'i Almahdi, S.Pd, Narasumber pertama yaitu Ibu Rabiatul Adawiyah,S.S dan Narasumber kedua yaitu Ibu Halimah, S.Th.I dan Acara juga dihadiri anak-anak tingkat Sekolah Dasar/MI yang berjumlah 24 Orang .

Adapun Tujuan Kegiatan ini dilaksanakan agar anak-anak Komunitas Literasi bisa Faham dan mengerti cara membaca nyaring yang baik dan benar serta dapat berani dan percaya diri tampil membaca dihadapan orang lain atau teman-temannya.

Penyelenggara berharap selepas dari pelatihan ini anak-anak lebih cinta lagi  terhadap membaca dan literasi dan mereka juga bisa memahami apa yang mereka baca dan mengamalkannya dalam kehidupan mereka selagi itu hal yang baik dan berguna.

Ketua TBM Pelangi Ceria  Anwari Siregar , Kamis (3/10/2024) diruang kerjanya  berpesan kepada seluruh peserta agar bersungguh-sungguh dan serius nantinya dalam mendengarkan Narasumber menyampaikan materi sehingga peserta bisa mengerti dan dapat mendapatkan arti serta manfaat pelatihan ini dan bisa bermanfaat untuk masyarakat dan mempunyai dampak yang baik setelah pelatihan ini.cetusnya (SDM)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama